27
Mar-2015

Menghabiskan Siang di Hutan Cemara

Wisata   /   Tags: , ,

Luasnya tidak seberapa. Tetapi ini adalah oase yang sangat berarti, terutama ketika kita menjelajah kawasan selatan Jogja yang udaranya relatif panas.

Hutan Pinus Dlingo 2Hutan cemara ini dikelola oleh warga sekitar. Anda bisa datang untuk duduk menikmati kesegaran dan nyanyi alam di tengah hari. Berbaringlah di tanah yang lembab oleh tumpukan daun cemara. Lihat ke atas, bagaimana ujung-ujung pohon dan dedaunan dihembus angin, seperti memainkan lagu alam yang indah. Jangan takut untuk ketiduran, karena memang semilir angin bisa membuai Anda ke alam mimpi.

Hutan Pinus Dlingo 4Kawasan hutan cemara ini ada di perbukitan Imogiri. Bisa dicapai setidaknya melalui tiga arah. Dari selatan, jika Anda selesai berwisata laut, Anda bisa kesini dengan menjelajah jalan di Makam Imogiri, naik perbukitan ke atas dan terus mengikuti jalan yang ada. Di satu pertigaan, ada papan nama. Jika Anda ke kanan, Anda akan menuju ke Kebun Buah Mangunan. Ambil jalan lurus menanjak. Setelah 10 menit, Anda akan mulai masuk ke kawasan hutan cemara ini.

Dari arah utara, hutan cemara bisa dikunjungi sebagai bagian dari perjalanan Anda menjelajah Gunungkidul, dan ingin berlanjut ke kawasan Bantul, baik itu Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri maupun wisata pantai. Begitu sampai ke perempatan Patuk, tepat sebelum jalan mulai menurun dari arah kota Wonosari, berbeloklah ke kiri. Ikuti jalan yang mengarah ke Imogiri, dan Anda akan melewati kawasan hutan cemara ini.

Hutan Pinus Dlingo 3Akses terakhir, lebih cepat dari kota Jogja tetapi tidak direkomendasikan karena medannya yang curam. Jalan ini melewati kawasan yang disebut oleh warga setempat sebagai Cina Mati, dan aksesnya dimulai dari sekitar kawasan Pleret, Bantul.

Hutan cemara ini sangat popular, terutama di kalangan anak muda kini, karena cocok sekali dijadikan tempat ber selfie ria. Lansekap yang jarang ditemui, tinggi pohon cemara yang boleh dibilang tidak biasa, kerapatan pohon dan posisinya yang berada di lereng landar perbukitan akan menghadirkan keindahan tersendiri.

Hutan Pinus Dlingo 6Tidak ada tiket untuk masuk ke area ini. Untuk membantu warga sekitar yang menjaga kebersihan area ini, ditetapkan biasa titip mobil sepuluh ribu rupiah, dan motor lima ribu rupiah. Ada juga warung makanan kecil dan minuman yang dikelola warga setempat. Tetapi membawa makan siang sendiri tetap direkomendasikan. Jangan lupa pula tikar plastik. Selain untuk menikmati makan siang bersama keluarga, bisa jadi Anda akan memilih tempat ini untuk tidur siang barang satu jam.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec