28
Sep-2015

Menghabiskan Waktu di Telaga Kemuning

Di balik kesan tandus dan gersang, Desa Kemuning menawarkan pesona alam yang sayang kalau dilewatkan.

Kemuning merupakan salah satu pedukuhan yang terletak di Patuk Gunungkidul. Letaknya di atas ketinggian 200 Dpl. Kemuning menawarkan keindahan alam yang layak untuk dikunjungi. Sebagai destinasi yang mulai dikembangkan sejak 2012, Kemuning menjadi alternatif wisata permianan air di tengah alam perbukitan. Wisata air itu adalah Telaga Kemuning dan pemandian alami Ngeboran.telaga kemuning

Telaga seluas 1,3 hektar ini berkedalaman 2,5-3 meter di saat musim penghujan. Sedangkan pada musim kemarau kedalaman air menyusut hingga hanya 1,5 meter ini. Ini merupakan tempat yang nyaman untuk melepas lelah. Air telaganya yang jernih dengan dikelilingi rimbunnya hutan Perhutani menjadikan Telaga Kemuning sebagai wahana wisata keluarga yang mengasyikan dan nyaman.

Di sini, berbagai aktivitas terkait dengan permainan air dapat dilakukan pengunjung. Pihak pengelola Telaga Kemuning telah menyediakan beragam permainan. Seperti permainan becak atau perahu wisata maupun sekadar relaxing dengan melakukan aktifitas memancing. Sehingga saat berkunjung ke Telaga Kemuning, bukan hanya menghilangkan rasa letih namun dapat membawa oleh-oleh berupa ikan hasil pancingan sendiri.Telaga Kemuning

Alamnya yang rindang di seputar telaga dan sesekali kicauan burung bersautan membelah keheningan, Telaga Kemuning memang sayang jika dilewatkan, tak dikunjungi. Apalagi saat-saat bersantai bersama keluarga telah tiba. Rasanya perlu meluangkan bersama di Telaga Kemuning.

Pemandian Ngeboran

Setelah merasa puas menikmati beningnya air telaga,  Anda dapat melengkapi perjalanan dengan menyusuri pemandian Ngeboran yang berjarak  hanya sekitar 40 meter. Di sini terdapat 4 kolam, yang oleh masyarakat Kemuning disebut Kedung, pemandian dengan kedalaman antara 1-1,5 meter.

Gemercik air yang mengalir dari sebuah air terjun mini ini seakan melantunkan melodi di tengah suasana nan hening. Dengan airnya yang jernih, pemandian Ngeboran sungguh menggoda untuk merasakan sejuknya air pengunungan.

Sejarah Kemuning

Telaga KemuningKemuning sendiri merupakan pedukuhan yang terletak  di Bunder Patuk Gunungkidul. Dinamakan Kemuning karena wilayah ini dulunya dipenuhi pohon Kemuning dengan ciri khas bunganya yang berbau wangi. Seiring perjalanan waktu, lama kelamaan pohon inipun mulai menghilang. Dan untuk mengingat keberadaan pohon ini, pendiri pedukuhan, Reso Wijoyo, mengabadikannya menjadi nama pedukuhan.

Rute

Ada dua jalur untuk menuju Kemuning. Jalur yang pertama dapat ditempuh melalui Jalan Jogja-Wonosari Km 24. Dari pertigaan Kerjan ke selatan, 100 meter kemudian belok kiri. Sedangkan rute ke dua, dari Jalan Jogja-Wonosari, Kemuning dapat ditempuh melalui Bundaran Sambi Pitu, dengan jarak tempuh sekitar 2,5 km.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec