05
Nov-2015

Menguak Jejak Candi Kladongan

Mendengar nama Candi Kladongan mungkin yang terlintas dalam pikiran Anda adalah sebuah candi yang megah dengan ornamen indah.

Karena  biasanya candi selalu identik dengan bangunan yang megah nan arstistik. Akan tetapi candi yang satu ini, Candi Kladongan, jauh dari kesan yang bernama candi. Bangunan yang berada di bawah tanah dan berada di areal persawahan ini berupa susunan batu yang tidak teratur. Tempat atau bangunan candi juga tergolong sempit. Dan untuk menuju lokasi, jalan yang dapat dilalui hanyalah pematang sawah.DSCN8596

Meski sepintas mirip tumpukan batu namun bukan berarti tidak menarik untuk dikunjungi dan dikaji. Candi yang sekarang di bawah perawatan Balai Pelestari Cagar Budaya DIY ini, memiliki nilai sejarah tinggi. Memang, di sini tidak ditemukan sesuatu yang menjelaskan apakah candi ini peninggalan semasa Hindu atau Budha. Apalagi yang tersisa tinggal puing-puing bangunan, mirip pondasi, yang tertata rapi, yang berada di bawah tanah.

Candi yang berada di kedalaman dua meter di bawah tanah dan berada di areal persawahan ini diperkirakan berasal dari abad 9-10 Masehi. Bangunan candi yang terbuat dari batu putih serta  berbentuk buju sangkar ini juga diperkirakan ditinggal begitu saja, tanpa diselesaikan proses pembangunannya.

DSCN8597Sehingga yang terlihat sekarang ini hanya berupa puing-puing bangunan yang sebagian telah runtuh.  Oleh karenanya jangan heran bila tidak ada relief atau arca maupun lingga yoni seputar candi. Dan meski hanya puing-puing bangunan yang tak lagi utuh akan tetapi bangunan tersebut kiranya menjadi saksi, Candi Kladongan merupakan salah satu candi bersejarah yang layak untuk dijaga serta dilestarikan.

Berdasarkan data yang dirilis Balai Pelestari Cagar Budaya DIY, Candi Kladongan candi ditemukan warga yang hendak membuat batu. Ketika menggali  tanah seorang warga Klodangan, Sendangtirto, Berbah, Sleman menemukan bangunan yang menyerupai candi. Candi ini sendiri ditemukan pada 3 Juni 1998. Karena berada di pedukuhan Kladongan maka candi inipun dinamakan Candi Kladongan.

Tidak Ada Akses Menuju Candi

Tidak seperti keberadaan candi-candi lain yang mudah dikunjungi. Candi Kladongan yang berada di tengah-tengah areal persawahan hingga sekarang DSCN8595dibuatkan akses jalan masuk. Satu-satunya jalan untuk menuju lokasi candi yakni dengan jalan kaki melewati pematang sawah. Dan kendaraan pun harus diparkir di pinggir jalan.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec