21
Jun-2016

Menilik Wayang Batik di Desa Krebet

Topeng Kayu Batik

Jauh sebelum trend batik kayu booming, masyarakat di Dusun Krebet sudah terkenal dengan kerajinan kain batik

Krebet terletak di wilayah Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY. Baru pada tahun 1970-an muncul perajin-perajin kayu yang membuat kerajinan patung dengan motif polosan (tanpa motif). Sepuluh tahun kemudian, warga Krebet kembali menggunakan motif batik yang dulu menjadi ciri khas Krebet. Sampai sekarang kerajinan batik kayu menjadi andalan dan ciri khas Krebet. Desa Kerajinan Krebet 1

Berbagai macam kerajinan yang dihasilkan di Krebet ini antara lain topeng, wayang, kotak penyimpanan, patung, miniatur almari, frame foto, serta beraneka souvenir. Seluruh pengerjaan barang-barang kerajinan ini dengan handmade, yang artinya dibuat langsung oleh perajinnya dengan menggunakan tangan tanpa cetakan atau alat bantu lain. Prosesnya berawal dari bahan mentah, tentunya yang sudah kering dan tidak lembab, lalu diukir. Setelah ukiran jadi, barang setengah jadi tadi diamplas untuk memperhalus permukaan kerajinan. Selanjutnya dibatik dan diwarnai.

Biasanya para perajin memakai kayu sengon, kayu pule, dan kayu jati. Masing–masing bahan memiliki keunggulan dan pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk membuat kerajinan almari yang besar dan kuat (biasanya sebagai rangka atau struktur), menggunakan kayu jati. Sementara untuk membuat hiasan atau pajangan rumah, kayu yang digunakan adalah kayu sengon, karena selain ringan, kayu sengon warnanya lebih cerah sehingga bagus diwarnai. Pewarna yang digunakan terdiri dari pewarna batik, naptol, indigosol, dan cat sungging.

Desa Kerajinan Krebet 4Harga barang-barang kerajinan Krebet tergolong murah. Untuk sebuah sovenir kayu berupa gantungan kunci dengan motif batik misalnya, harga yang dipatok berkisar antara 4000-5000 rupiah. Tapi, jika membeli dalam jumlah besar, harganya sekitar 3500 rupiah. Sementara jenis furniture seperti meja dan kursi, harga termahalnya bisa mencapai 4.500.000 untuk meja, dan 1.500.000 untuk kursi. Harga satu set almari besar berbahan jati penuh ukiran, bisa mencapai 12.000.0000. Jika hanya ingin membeli kotak-kotak penyimpanan, Anda hanya perlu merogoh kocek antara 15.000-25.000.

Saat ini ada sekitar 43 perajin yang ada di Krebet. Para perajin tersebut dikoordinasi oleh sebuah koperasi perajin bernama Koperasi Sido Katon. Koperasi ini berdiri pada tahun 2004 atas inisiatif para perajin sendiri, dan bertujuan untuk membantu menyediakan bahan penolong bagi para perajin.Desa Kerajinan Krebet 5

Selain berwisata belanja, kita bisa juga melihat proses pengerjaan kerajinan batik kayu. Beberapa sanggar (galeri) sengaja membuat eksibisi di ruang pamer mereka untuk dinikmati para wisatawan. Proses membatik media wayang dan kayu memberikan sensasi yang berbeda. Proses membatik dengan media ini membutuhkan ketelitian lebih karena polanya dibuat secara manual.
Biasanya pengunjung yang ingin belajar membatik akan diajarkan membuat motif klasik Kraton, seperti parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidomukti, dan sidorahayu. Motif-motif tersebut merupakan motif langganan dan diminati di pasar mancanegara. Sayang, belum ada instruktur berbahasa asing untuk turis mancanegara. Untuk menikmati proses belajar membuat wayang batik ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 200.000,00.

Selain belajar membatik wayang, kita juga bisa berlatih memanjat pohon kelapa dan mengambil nira yang biasa digunakan sebagai bahan baku gula merah. Ada juga paket tur keliling hutan jati dengan menggunakan jeep. Saat lelah, Anda bisa menikmati hidangan khas dusun tersebut, berupa sayur lodeh, gudeg manggar, tempe garit, peyek serta wedang legen. Wisatawan bisa menikmati alam pedesaan dengan menginap di homestay yang ada di Krebet. Salah satu homestay yang bisa Anda singgahi jika berkunjung ke Krebet yaitu Homestay Pondok Krebet. Untuk satu malamnya, pengunjung hanya perlu menyisihkan uang sekitar 75.000, sudah termasuk breakfast.

Desa Kerajinan Krebet Tips:
Datanglah ke dusun ini pada bulan September. Pada bulan ini anda upacara ritual Bersih Dusun sebagai ungkapan syukur atas panen sawah ladang.

Lokasi dan Peta Bertutur:
Desa Krebet terletak 15 kilometer barat daya dari pusat kota Jogja. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Rute terdekat untuk mencapai daerah di dataran tinggi di sayap selatan Jogja ini melalui Jalan Bantul. Dari perempatan Rr. Dongkelan lurus saja sampai menemukan perempatan Masjid Agung Bantul. Belok ke kanan, dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan persimpangan ke arah Goa Selarong. Ambil belokan ke kanan, lebih kurang 2 kilometer ada simpang tiga. Jika belok ke kanan, maka sampai Goa Selarong, dan jika belok ke kiri menuju ke desa wisata Krebet. Dari simpang tiga, ambil arah kiri, tak sampai 5 kilometer sampai di Krebet.

Transportasi:Desa Kerajinan Krebet 3
Perjalanan ke Krebet memang melelahkan apalagi ketika musim kemarau dan pancaroba. Karena itu jangan lupa siapkan perbekalan secukupnya. Sarana transportasi umum menuju ke desa wisata Krebet kurang memadai. Jika tak ada kendaraan pribadi, bisa juga menyewa sepeda motor atau mobil di Prawirotaman, sebuah kampung-turis kondang di Jogja. Tarifnya berkisar 250.000 per hari tanpa sopir. Lama perjalanan menuju sentra kerajinan batik kayu ini dari 0 kilometer Jogja, kira-kira satu jam.

1

 likes / 2 Comments
Share this post:
  • jean hafid says:

    Bisa saya pesan topeng dan dikirim ke luar negeri via pos indonesia?…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec