30
Dec-2012

Upacara Merti Bumi Tunggul Arum adalah upacara adat tahunan yang dilakukan di Tunggularum, Turi, Sleman, Yogyakarta. Upacara ini digelar setiap Bulan Sapar (jawa) sebagai wujud kesadaran dan rasa syukur akan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, disamping rasa syukur tersebut sebagaimana upacara adat lainnya, Upacara adat Merti Tunggul Arum ini juga memiliki tujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian masyarakat pedesaaan dan mengembangkannya sebagai potensi wisata.

Merti Bumi Tunggul Arum, merupakan rangkaian kegiatan budaya. Upacara ini diiringi dengan berbagai kegiatan diantaranya adalah prosesi pengambilan air suci 4 penjuru, parade seni dan budaya, pengajian dan mujahadah, pameran potensi masyarakat dan bazaar serta pada puncak acaranya berupa kirab pusaka Kyai Tunggulwulung, Kirab Tumpeng Wulu Wetu, Kirab Tumpeng Lanang Wadon, Tari Persembahan, Gunungan Salak, pelepasan burung, gejog lesung, dan Bregada Prajurit “Pager Bumi”.

merti bumi tunggul arumDesa Wisata Tunggul Arum berada di kawasan lereng barat merapi, tepatnya terletak di Padukuhan Tunggul Arum, Desa Wonokerto Kecamatan Turi, Sleman. Lokasi terletak sekitar 30 Km dari Kota Jogja. Dengan ketinggian 700-800 m diatas permukaan laut, Tunggul Arum menjadi satu dari sekian wilayah Jogja yang memiliki panorama alam menawan.

Lokasi

Dusun Tunggul Arum berada di wilayah kecamatan Turi, Sleman sekitar 25 Km arah utara Jogja. Lokasi ini dapat ditempuh dalam 20-25 menit dari Jogja.

Transportasi

Transportasi umum tersedia sampai kota Kecamatan Turi. Dari terminal Jombor bisa memilih angkot arah Magelang. Sesampai Tempel, perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkudes. Tapi lebih direkomendasikan agar wisatawan memanfaatkan kendaraan pribadi atau menyewa mobil ataupun sepeda motor di Jogja.

Potensimerti bumi tunggul arum

Sebagai dusun paling atas di lereng Merapi bagian Barat, wilayah ini banyak menawarkan potensi wisata menarik. Selain panorama alam yang asri dan berudara sejuk, juga ada hutan konservasi dengan aneka flora dan faunanya, serta wisata ritual yang merupakan tempat legenda dan sakral, seperti : Gua Semar, Kedung Cuwo, Sendang Pancuran, Pring Wali, Batu Tunggang, Watu Growong, kesenian Kubro Siswo, pesona Kali Krasak bagian hulu serta bagi pecinta bunga, banyak terdapat Anggrek Vanda Tree Colour. Di sekitar dusun ini juga banyak terdapat mata air yang menjadi sumber penghidupan warga. Sayang untuk saat ini sebagian besar mata air belum berfungsi akibat erupsi Merapi 2010.

Kuliner

merti bumi tunggul arumSaat Merti Bumi digelar, pengunjung akan disuguhi aneka jenis makanan tradisional, termasuk dawet yang sangat nikmat. Saat tidak sedang digelar Merti Bumi, di sekitar Tunggul Arum juga banyak berdiri warung makan dengan aneka menu pilihan. Salah pondoh yang merupakan maskot Sleman, juga banyak ditanam masyarakat disini.

1

 likes / One comment
Share this post:
  • […] Sapar (jawa) sebagai wujud kesadaran dan rasa syukur akan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, disamping rasa syukur tersebut sebagaimana upacara adat lainnya, Upacara adat Merti Tunggul Arum […]

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec