23
Sep-2015

Optimistis, Tahun 2015 Jumlah Wisatawan Naik 10 Persen

Dollar Amerika terus membumbung. Sedangkan rupiah melorot tajam di September ini. Kondisi ini jika berlangsung terus, diprediksikan akan mempengaruhi sektor pariwisata DIJ. Namun sejauh ini, kondisi ini belum mengubah Dinas Pariwisata DIJ soal target kunjungan wisatawan.

Dinas Pariwisata DIY telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2015 meningkat 10 persen dibandingkan 2014 yang mencapai 254.213 orang. Wisatawan asal Belanda masih menjadi pengunjung terbanyak ke Yogyakarta. Jumlahnya sekitar  29.370 orang.

Selama ini, Yogyakarta dikenal memiliki sektor pariwisata yang indah dan memiliki objek-objek wisata yang beragam. Baik pantai, pegunungan, sejarah maupun budaya, serta dikenal juga dari kulinernya yang lengkap di sudut-sudut kota.

Faktor tersebut menjadi bagian keunggulan dan daya tarik sektor pariwisata Yogyakarta. Tidak heran, pemerintah RI mendaftarkann Yogyakarta sebagai salah satu kota kreatif Indonesia kepada UNESCO.100912 Ramayana Di Purawisata (164)-

Untuk mendukung target kedatangan wisatawan, DInas Pariwisata DIY mempopulerkan konsep desa wisata di negara-negara ASEAN. Ini sebagai salah satu objek wisata minat khusus yang efektif menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Konsep desa wisata ini akan menjadi unggulan Yogyakarta dalam mempromosikan objek pariwisata.

Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata DIY, Imam Patandi di Yogyakarta, mengatakan dengan mempopulerkan konsep desa wisata akan mendorong negara-negara ASEAN berdatangan untuk mempelajari desa wisata ke DIY. Secara otomatis kondisi itu akan membuat pariwisata di Yogyakarta semakin dikenal di kalangan wisatawan mancanegara, khususnya ASEAN.

Imam menambahkan, momentum ini tentunya bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai ajang promosi. Konsep desa wisata ini masih belum banyak diadopsi di negara-negara anggota ASEAN lainnya, sehingga menjadi peluang yang bagus bagi Yogyakarta guna mengenalkan pariwisatanya di kawasan ASEAN.

Lewat desa wisata, wisatawan bisa ikut mempelajari berbagai hal yang menjadi budaya masyarakat lokal. Contohnya, selain bisa menikmati keindahan alam dan menyaksikan atraksi kesenian masyarakat setempat, para wisatawan juga bisa belajar langsung membuat kerajinan, bermain gamelan, serta belajar membatik.

0203 Upacara Ngrowot-Girikerto (38)-Imam mengungkapkan, hingga kini terdapat 60 desa wisata yang terdaftar dengan berbagai macam tema dan tersebar di lima kabupaten/kota. Desa wisata di DIY, antara lain mengangkat tema tentang alam, budaya masyarakat, dan aneka seni tradisional. Pada dasarnya masing-masing kabupaten itu masih memiliki potensi menambah desa wisata baru.

Selain desa wisata, Dinas Pariwisata DIY juga mengembangkan promosi wisata minat khusus lainnya. Seperti Arung Jeram Kali Suci, Embung Nglanggeran di Gunungkidul, serta Puncak Suroloyo di Kabupaten Kulonprogo.

Berbagai bentuk wisata minat khusus akan selalu menjadi prioritas dalam setiap kunjungan ke negara lain di Asia maupun Eropa.(*)

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec