26
Jun-2015

Pantai Jungwok, Pantai Cinta yang Merona

Pesona pantai Njungwok menyentak menghanyutkan rasa. Suasana dan aura pantai ini seperti sedang menemukan cinta lama yang hadir kembali. Cinta yang menggelegak dan menggelora….

Pantai Njungwok dengan pantai Wediombo seperti menjadi satu paket kunjungan. Keduanya bersebelahan. Wilayahnya sama persis dengan pantai Wediombo. Di Desa Jepitu Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Hanya dipisahkan jarak sekitar lebih kurang satu kilometer ke arah timur pantai Wediombo. Pantai Jungwok
Menuju pantai ini mengalir tiga aliran sungai air tawar yang langsung menuju ke bibir pantai. Aliran sungai ini seolah-olah membelah pantai Njungwok menjadi tiga bagian. Hampir sama dengan pantai Wediombo yang kaya bebatuan karang. Tinggi dan menjulang. Hanya saja, luas pantainya lebih kecil dibanding Wediombo. Pantai Njungwok lebih cekung. Mungkin untuk beberapa sudut boleh dibilang sempit. Tapi, jangan salah, meskipun tidak seluas pantai lainnya, suasana Njungwok lebih alami.
Secara umum suasana pantai ini masih sepi. Tidak banyak yang datang ke sini kecuali para mancing mania. Bahkan penduduk sekitar pantai ini pun tidak banyak banyak yang ke sini untuk sekadar mencari rumput laut atau kongkow-kongkow. Jadi, Anda akan lebih santai dan nyaman berkunjung ke Njungwok. Serasa pantai milik sendiri. Anda pun akan leluasa bermain kecipak air di bibir pantai. Hanya, aturannya sama persis dengan Wediombo, jangan ke tengah karena deburan ombak yang menghantam karang cepat dan keras.
Pantai JungwokSebenarnya berada di bibir pantai saja sudah cukup untuk menikmati suasana pantai ini. Betapa indah dan anggun pantai yang selalu menawarkan sisi romantis ini. Berpasir putih, berombak jernih, dan berangin sepoi-sepoi. Di tengah bibir pantai yang menjorok ke tengah laut terdapat batu karang yang tinggi dan besar. Batu ini lebih dikenal sebagai Watu Topi, batu topi. Inilah lansekap Njungwok yang membuat elok itu. Di atas batu karang itu para mancing mania menggunakannya sebagai tumpuan senar dan kailnya.
Eksotisme Njungwok begitu rupa hingga jika sedang melangkahkan kaki ke pantai, di sela-sela karang akan didapat ikan-ikan laut yang terselip, bersembunyi di balik batu karang. Lobster dan alga laut saling menggayut disapu riak-riak air laut. Inilah pemandangan langsung biota laut yang selalu hadir dari waktu ke waktu dan selalu bersemi menambah harmoni Njungwok.Pantai Jungwok
Untuk sampai ke Njungwok sebenarnya tidak ada jalan yang lebih baik daripada menyusuri pantai Wediombo. Setelah sampai di perbatasan paling ujung timur Wediombo, maka perjalanan dimulai. Dulu, awalnya, ketika memasuki jalan setapak menuju ke Njungwok sepanjang jalan ke sana ditumbuhi pohon pandan laut berukuran besar. Jadilah susur hutan pandan yang teduh. Kini, suasananya sudah lain. Meskipun pohon pandan masih ada, tapi itu tampak hanya seperti sisa-sisa saja. Selebihnya adalah hamparan sawah dan kebun yang ditanami penduduk padi atau palawija. Perjalanan ini menjadi eksotisme tersendiri terutama untuk refreshing.
Pantai JungwokOya, jangan lupa saat ada di Njungwok berarti Anda sedang berada di bagian semenanjung pantai selatan bagian paling timur jajaran pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selebihnya ada pantai Sadeng yang sejak lama telah menjadi tempat pelelangan ikan dan pelabuhan nelayan lokal.
Itulah Njungwok. Pantai yang selalu melambaikan kenangan….
Transportasi:
Tidak ada moda transportasi apa pun kecuali jalan kaki menyusuri pinggir Pantai Wediombo dan hutan semak tadi. Jarak ke sana sekitar satu kilometer.

Fasilitas:
Akses pantai Njungwok dikenal sulit. Tidak banyak fasilitas umum yang dapat Anda temukan. Tempat parkir dan rumah makan tidak ditemukan di sini. Rumah penduduk hanya beberapa, tidak lebih dari 5 rumah. Jadi, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bila ingin menginap, Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda di kawasan pantai ini.

Tiket masuk:
Tiket masuk dibayarkan saat memasuki kawasan pantai Wediombo yaitu Rp 5.000 per orang.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec