12
Jun-2016

Terpesona Kilau Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang 6

Gunungkidul banyak menyuguhkan eksotisme pantai dan pegunungan. Satu tempat yang tidak kalah cantik dengan Pantai Kuta di Bali ada di kabupaten paling ujung timur di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.
Tempat dimaksud adalah Pantai Sepanjang. Setiap ke sini, pengunjung akan ditawarkan keindahan alam. Khususnya pemandangan di sepanjang pantai yang berjajar di daerah tersebut. Tidak salah, makanya namanya adalah Pantai Sepanjang. Ini dimungkinkan karena garis pantainya yang panjang membentang dari barat ke timur.Pantai Sepanjang 4
Hamparan pasir putih ditemani ombak saling berkejaran membuat suasana pantai sangat indah. Selain itu, ada bukit karang yang menghiasi Pantai Sepanjang tersebut. Bila dilihat lebih jeli, ketika laut surut akan terlihat batuan karang yang tak beraturan dan menjadi dasar pantai ini.
Di pantai ini juga mudah ditemui rumput laut yang menghijau di antara pasir dan batu karang. Rumput laut biasanya diambil warga setempat dan diolah menjadi jajanan yang siap ditawarkan pada pengunjung. Di pantai ini, juga terlihat beberapa biota laut yang terjebak di kubangan, di antara batuan karang saat air surut. Seperti bintang laut, bulu babi, siput laut, dan ikan ikan kecil lainnya.
Pantai Sepanjang 3Pantai Sepanjang berada di Tanjungsari, Wonosari, Gunung Kidul,Yogyakarta. Kawasan ini terletak di antara Pantai Drini dan Kukup, memiliki karakteristik unik dengan garis pantai yang panjang dan pasir putih terhampar memenuhi pinggiran pantai. Pengunjung bisa menghabiskan waktu sembari menggelar tikar dan menikmati hangatnya sinar matahari. Bisa juga dipakai bermain voli pantai atau sekedar bersenda gurau.
Tak jauh dari pantai, ada hamparan ladang kedelai atau palawija lainnya. Menengok ke belakang, terlihat dua buah bukit yang bagian lerengnya digunakan penduduk setempat menanam jagung sebagai sumber makanan pokok. Kabarnya, tanah di puncak bukit ini telah dibeli investor untuk dibangun sebuah villa. Pantai Sepanjang 7
Di dekat Pantai Sepanjang, ada situs bersejarah yaitu Banyusepuh. “Banyu” berarti air dan “Sepuh” berarti basuh atau membasuh. Sesuai namanya, tempat yang tadinya berupa mata air ini digunakan membasuh ataupun memandikan. Penggunanya, konon para wali yang biasanya membasuh pusakanya. Situs ini tak akan diketahui keberadaannya, bila tak bertanya ke penduduk setempat. Memang, situs ini hanya tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar.
Tidak hanya sebagai tujuan wisata. Pantai Sepanjang juga dipakai sebagai pantai konservasi, pada waktu tertentu menjadi tempat pendaratan penyu laut untuk bertelur. Panjang bibir pantai memanjang dari Barat ke Timur kurang lebih 500-an meter.
Koordinat:
S8°8’12” E110°34’0″

Lokasi:
Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sepanjang berjarak kurang lebih 1 Km sebelah Timur Pantai Kukup atau di sebelah Barat Pantai Watu Kodok dan Drini.

Pantai Sepanjang 1Rute dari Jogja ke Pantai Sepanjang :
Rute 1 :
Yogya- Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pertigaan Masuk Kawasan Pantai Baron ke arah Timur – Pintu Masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang.

Rute 2 :
Yogya- Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan Timur Lanud TNI AU Gading ke kanan (selatan) – Playen – Paliyan – Saptosari – Pertigaan Masuk Kawasan Pantai Baron ke arah Timur – Pintu Masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang.

Rute 3 :
Yogya- Imogiri Bantul – Panggang – Saptosari – Pertigaan Masuk Kawasan Pantai Baron ke arah Timur – Pintu Masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang.

Rute 4 :
Yogya – Parangtritis – Purwosari – Panggang – Saptosari – Pertigaan Masuk Kawasan Pantai Baron ke arah Timur – Pintu Masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang.

Fasilitas:Pantai Sepanjang 2
• Di sepanjang pantai ada gubug dengan berbagai makanan dan minuman. Pengunjung bisa duduk dan ngobrol di tempat yang telah disediakan.
• Kalau ingin mencari oleh-oleh, penduduk yang tinggal beberapa kilometer dari pantai membuat kerajinan tangan berbahan dasar cangkang kerang-kerangan yang dipasarkan penduduk pantai.
Tips:
• Jangan lupa membawa pakaian santai untuk berlibur di pantai
. Bawa penutup kepala/ topi dan sunblok.

 

1

 likes / One comment
Share this post:
  • Budi says:

    Dapatkah diakses menggunakan kendaraan besar? Semisal bis wisata?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec