22
Jul-2013

Pasar Ramadhan Jadi Agenda Pariwisata Rutin

Setiap Ramadhan, Umat Islam di Yogyakarta menyambut bulan puasa dengan menggelar berbagai kegiatan bernuansa religius. Pasar Ramadhan yang digelar ada di berbagai tempat. Keberadaan Pasar Ramadhan tersebut memiliki potensi menjadi obyek wisata.

Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih mengatakan, kegiatan ini bisa dipromosikan sebagai agenda pariwisata tahunan. Selain itu, bisa sebagai objek wisata kuliner Ramadhan. Sehingga wisatawan yang ada di Yogyakarta bisa mengunjungi Pasar Ramadhan tersebut.

“Jika pengelola Pasar Ramadhan memperoleh pembinaan, terutama dalam penataan pasar, diyakini akan menarik minat wisatawan mengunjungi tempat tersebut. Bahkan, bisa menjadi aset wisata DIY,” papar Widi di Yogyakarta.

Widi juga mendorong pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pariwisata semestinya melihat potensi tersebut.

” Dinas Pariwisata perlu membantu membina pengelola Pasar Ramadhan agar menarik dikunjungi wisatawan,” imbuh Widi.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogya (BP2KY) Deddy Pranowo Eryono menuturkan Pasar Ramadhan biasanya ramai pada sore hari menjelang berbuka puasa. Wisatawan bisa membeli aneka jajanan dan kuliner.

Menurut GM Hotel Ruba Graha ini, Pasar Ramadhan yang digelar di kawasan kampung yang banyak warga muslim. Seperti Kampung Kauman, Jogokaryan, dan Nitikan. Bahkan di kampung-kampung tersebut Pasar Ramadhan menjadi kegiatan tahunan setiap saat bulan puasa.

Pemandangan serupa juga bisa ditemui di kawasan Bundaran Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Masjid UNY, sekitar Masjid Syuhada, Kotabaru, Kota Yogyakarta.

“Menjadi tujuan warga masyarakat di kota ini. Bahkan, menarik minat sejumlah wisatawan mancanegara,” tegas Ketua Umum Kapurel Jogja ini.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec