18
Feb-2015

Patrol: Menikmati Musik Atraktif Asal Jember

Seni Patrol Mahasiswa Jember di Jogja 3

Patrol, seni musik tradisional yang atraktif dan menghibur. Asli Jawa Timur, tapi untuk belajar, Anda bisa melakukannya di Jogja.

Seni music tradisional bernama patrol ini berasal dari kota kecil bernama Jember yang terletak di provinsi Jawa Timur. Komunitas mahasiswa Jember“IKPMJ” membawanya sampai di Jogja. Anda bisa bergabung dengan mereka jika tertarik untuk memainkan alat musik yang berasal dari kayu pohon nangka gelondongan ini.Seni Patrol Mahasiswa Jember di Jogja 4

Pentas seni tradisional maupun modern sering menyajikan musik ini karena dianggap mampu menjadi penyemangat penonton. Diantaranya, kelompok ini pernah pentas pada gelaran Asia Tri di Omah Petruk tahun 2014 dan Festival MusikTradisional yang berlangsung di Candi Ratu Boko tahun 2014.

Merunut sejarahnya, alat musik tradisional ini dulunya dipakai masyarakat untuk membangunkan masyarakat Jawa Timur di saat bulan Ramadhan tiba. Seiring berjalannya waktu, diubahlah tradisi ini oleh para seniman menjadi seni pertunjukan yang biasa dipentaskan di hajatan pernikahan. Tidak hanya itu saja, patrol juga dijadikan alat untuk member tanda bahaya pada saat terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan kebakaran.

Seni Patrol Mahasiswa Jember di Jogja 5Ada sekitar 12 macam alat music dalam kesenian Patrol ini. Mereka adalah remo, bass, tiktuk, doble tiktuk, triple, kentir, seruling, kleter, kontra bass, cekkecek (tamborin), ketuk dan taktuk. Semua alat tersebut bersatu dalam sebuah alunan lagu tradisional maupun kontemporer yang atraktif dalam permainannya. Berbeda dengan gamelan Jogja yang relatif lebih tenang. Seseorang bahkan bisa merasakan hipnotis keatraktifan musik ini apabila ikut bermain alat tersebut.

Permainan alat music ini bisa disajikan dengan kolaborasi berbagai alat musik yang ada, misalnya dengan gitar modern, gamelan jawa, gamelan bali, dan sebagainya. Kolaborasi pertunjukan juga sering dilakukan, misalnya dengan wayang. Patrol oleh mahasiswa Jember di Jogja ini sering terlibat berkolaborasi dan berkarya bersama dengan Wayang Milenium Wae milik sanggar Institut Sangkerta Indonesia milik Ki Mujar Sangkerta.

Apabila Anda ingin berwisata sambil belajar memainkan alat musik yang atraktif ini, bisa Seni Patrol Mahasiswa Jember di Jogja 2langsung menuju Asrama Putra Jember yang beralamat di JalanWulung 131 Pringwulung, CondongCatur, Sleman, Yogyakarta. Mahasiswa yang mememainkan alat musik patrol ini bersedia tanpa imbalan mengajari wisatawan untuk mengenal dan belajar bermain alat music tersebut. Latihan biasanya dilakukan rutin setiap hari Jum’at malam dan Selasa malam pukul 19.00 – 22.00 WIB. Sebaiknya melakukan janjian terlebih dahulu agar dipersiapkan segala hal bagi Anda yang berkunjung dan belajar. Anda bisa menghubungi nomor 0896-8575-2613 (Hakim), manajer kesenian musik Patrol khas Jember.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec