19
Oct-2015

Pencarian Masa Lalu Melalui Karya Fotografi.

Stories Left Untold 2

 

Dua anak muda dengan latar belakang negara berbeda, Nora Scheidler dari Jerman dan Rangga Purbaya dari Indonesia dipertemukan dalam pameran foto karya keduanya yang bertajuk “Stories Left Untold (Kisah-Kisah Tak Terungkap) di Galeri Ican, Jalan Suryodiningratan Nomor 39, Yogyakarta.

Karya-karya foto keduanya merupakan pencarian kebenaran yang sangat pribadi tentang keluarga namun dilatarbelakangi peristiwa sejarah yang terjadi di negara masing-masing. Nora Scheidler melacak peristiwa yang membuat ayah kandungnya, Kurt Scheidler seorang fisikawan dan aktivis sosial itu dimasukkan di penjara Hohenschonhausen, Berlin Timur pada masa sebelum reunifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur. Ayahnya dianggap melakukan kejahatan terhadap negara yakni menyebarkan selebaran yang menyerukan kebebasan dan perdamaian saat gerakan musim semi di Praha tahun 1968.

Selama 2 tahun Nora Scheidler melakukan “pencarian” antara lain melalui kameranya, meskipun tidak bermaksud menyelidiki siapa yang salah atau yang benar. Bukan tentang tuduhan atau pembenaran, melainkan untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan keluarganya di masa silam sehingga membentuk kehidupannya di saat ini.Stories Left Untold 3

Dari hasil pencarian itulah terpapar di ruang pameran sejumlah foto-foto tentang potret mantan tahanan politik, lorong-lorong, ruang sel tahanan berikut temboknya yang penuh gurat-gurat, ruang interogasi, garis-garis lantai di mana para tahanan harus berhenti dan menghadapkan wajah ke dinding jika bertemu orang lain, goresan di dinding dari ruang gelap, di mana tahanan yang melawan menghabiskan hari-harinya berdiri di air kotor sampai pikiran mereka rusak serta selimut tipis yang membuat para tahanan menggigil pada musim dingin.

Demikianlah karya-karya foto pencarian Nora Scheidler. Dan beruntungnya, dia mungkin merupakan orang terakhir yang memperoleh foto-foto keadaan asli dari lantai tiga dan empat Penjara Hohenschonhausen, sebelum dibersihkan dengan maksud menjadi bagian dari museum yang terbuka untuk publik. Bahkan kini, ayah Nora Scheidler, Kurt Scheidler menjadi pemandu sukarela bagi pengunjung penjara yang dirubah menjadi museum itu.

Sementara Rangga Purbaya berusaha mengungkap kehidupan kakeknya, Boentardjo Amaroen Kartowinoto dengan memotret berbagai peninggalan kakeknya yang masih disimpan anggota keluarganya. Setelah kekuasaan Soeharto runtuh pada tahun 1998, Rangga Purbaya baru mengetahui bahwa kakenya Stories Left Untold 1kemungkinan besar meninggal dalam pembantaian setelah kudeta 30 September 1965. Karyawan Layanan Ekonomi dan Anggota DPRD itu ditangkap pada 10 November 1965 dan setelah itu menghilang hingga kini.

Awalnya tujuan Rangga adalah untuk mencari tahu siapa sebenanya kakeknya. Dia meneliti dalam arsip dan mewawancarai anggota keluarganya. Selanjutnya ia mengungkap betapa pentingnya menyelesaikan masa lalu yang disembunyikan.

Menurut Budi ND Darmawan selaku kurator dalam pameran ini, fotografi memberi bukti bahwa yang telah berlalu, pernah berlangsung. Kita diberi kesempatan untuk melihat kembali apa yang pernah terjadi melalui apa yang terekam. Peristiwa yang tidak kita pahami ketika sedang berlangsung mendapat kesempatan untuk ditengok kembali secara lebih seksama, melalui penekanan oleh pembingkaian foto.

Pembukaan pameran ini telah dilakukan pada Jumat 2 Oktober 2015 dihadiri para pemerhati fotografi dan seniman-seniman terutama seni rupa, dan akan berlangsung hingga 28 Oktober 2015.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec