19
May-2014

Penguin Afrika di Gembira Loka

News, Wisata   /  
Penguin Afrika di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta 4

Kebun binatang Gembira Loka, Yogyakarta menerima hibah enam ekor penguin dari Singapura Zoo. Dengan demikian, Gembira Loka adalah kebun binatang kedua di Indonesia yang memiliki penguin, setelah Taman Safari di Bogor, Jawa Barat.

Penguin Afrika di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta 1Enam ekor penguin yang habitat aslinya ada di semenanjung Afrika bagian selatan dan barat daya itu sudah menjalani karantina selama dua minggu di area satwa burung, Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo). Sebuah ruangan berpendingin udara khusus disiapkan untuk mereka. Mulai Senin, 19 Mei 2014 koleksi terbaru Gembira Loka ini akan mulai bisa disaksikan pengunjung. Dirut GL Zoo KMT. A. Tirtodiprojo menjelaskan, penguin yang merupakan hibah dari Singapura Zoo tersebut dikirim dengan pesawat. “Pinguin-pinguin itu harus beradaptasi lebih dulu dengan lingkungan yang baru,” kata Tirtodiprojo.

Penguin ini berasal dari kawasan subtropis dan bisa nyaman hidup di lingkungan bersuhu maksimal 23 derajat celcius. Tujuan manajemen kebun binatang menghadirkan penguin, utamanya adalah pendidikan dan pengetahuan bagi masyarakat. Selama ini, masyarakat Indonesia mengidentikkan penguin sebagai burung hidup di lingkungan kutub.

Penguin Afrika di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta 2Makanan untuk penguin ini, yaitu ikan capelin, herring dan smelt diimpor langsung dari Amerika Serikat. Gembiraloka telah menyimpan persediaan makanan sebanyak 1 ton dan disimpan di suhu minus 20 derajat celcius agar tahan lama. Sejumlah staf Gembiraloka sudah dilatih secara khusus untuk menangani penguin tersebut. Salah satunya adalah Tri Rahayu, keeper yang secara khusus bertanggungjawab terhadap 6 ekor penguin itu. Tri Rahayu menjelaskan, selama masa karantina penguin-penguin itu berada dalam kondisi yang sangat baik. “Jadi untuk beberapa hari ini kita baru mencoba untuk memberi makannya. Kita baru memperkenalkan kepada mereka, ini lho keeper yang akan mengurus mereka. Jadi, kita akan karantina mereka selama 2 minggu dan untuk penguinnya sendiri sampai saat ini sepertinya tidak kaget, dengan lingkungan baru. Saya juga sudah di-training untuk semua ini dan sudah lumayan berhasil. Sekali makan dilakukan oleh keeper lamanya dari Singapura Zoo, kemudian untuk proses makan kedua sudah dengan saya,” kata Tri Rahayu.

Penguin Afrika di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta 3Sejak kedatangan enam pinguin dari Singapura, Tri Rahayu juga harus mematuhi saran keeper dari Singapore Zoo untuk tidak memakai parfum lagi. Ini supaya penguin-pinguin tersebut lebih akrab dengan dirinya. “Pinguin-pinguin itu mengenal perawatnya dari suara dan bau badan saya. Maka, saya sekarang saat kerja tidak pakai parfum lagi,” jelasnya.

Yogyakarta sendiri memiliki suhu rata-rata 26-31 derajat celcius. Kandang penguin di desain memiliki area luar ruangan, agar penguin bisa merasakan suhu lebih hangat. Enam ekor penguin ini akan menambah jumlah koleksi binatang di Gembiraloka, yang saat ini telah mencapai lebih dari 1.800 ekor dalam lebih dari 300 jenis.

1

 likes / One comment
Share this post:
  • Memang lucu ini .. jadi daya tarik gembiraloka

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec