08
Jan-2015

Rasa Komplit Soto Mbak Djam

Lagi, ini cerita soal soto. Bagi Anda penggemar menu yang dominan di kuah ini, tak ada salahnya sekali waktu mencoba Soto Mbak Djam. Sungguh, “rasanya” sangat komplit

Di tengah udara pedesaan, terlebih saat musim penghujan, maka santapan yang menghangatkan badan tentu menggugah selera. Nah, saat Anda sedang berkelana menjelajah alam pedesaan hingga di kawasan Gunung Api Purba Ngalenggeran, menu semacam ini bisa Anda temui. Disana, cukup banyak warung yang menjajakan menu merakyat semacam bakso ataupun soto. Juga warung nasi serta warung Padang.    +Soto Mbak DJamE

Tapi, dari sekian banyak warung, yang menarik perhatian adalah Warung Soto Mbak Djam. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Sudah barang tentu bukan menu ala kota yang dapat kita temui disana. Namanya warung soto, maka daftar inilah yang menjadi sajian utama. Tapi jangan khawatir, untuk yang kurang suka dengan soto, Anda bisa memilih nasi goreng, mie goreng, ayam goreng sambel bawang ataupun nasi rames. Ada pula menu unik Mie Soto. Disebut Mie Soto karena mienya adalah mie instan, tapi kuahnya kuah soto.

Terbujuk cerita kawan seperjalanan, maka akhir Desember 2014 bersama sejumlah kawan kami menyempatkan mampir ke warung yang lokasinya sekitar 150 meter sebelum pendopo dan pintu masuk kawasan wisata geopark (kini ditetapkan sebagai kawasan geoheritage) Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari ruas jalan utama, kami berbelok ke kanan sekitar 50 meter untuk mencapai warung ini. Begitu melihat warung ini, kami sedikit terperanjat. Tak disangka di wilayah sekitar 7 kilometer dari ibukota Kecamatan Patuk ini ada warung yang didesain cukup “berselera”.

+Soto Mbak Djam 1Bangunan utama tetap berupa rumah ala pedesaan, dengan serambi sebelah kanan berderet sejumlah meja dan kursi. Duduk di serambi ini, mata langsung menyapu areal persawahan nan hijau yang berkontur sedikit menurun mirip lembah, sangat khas seperti di daerah perbukitan pada umumnya.

Di bagian depan rumah, sang pemilik warung telah membangun fasilitas tambahan berupa bangunan berlantai dua, yang semuanya berbahan kayu dan bambu. Bangunan tambahan ini didesain melingkar setengah lingkaran, mengitari pondasi dan bangunan di lantai dua. Dindingnya terbuat dari kayu dan bambu.

Di dalam bangunan unik ini, sangat nyaman. Usai memesan soto, seorang kawan seperjalanan yang agaknya keletihan setelah mendaki Gunung Nglanggeran hingga Pos II, langsung menghempaskan badannya di kursi malas yang didesain setengah berbaring berbahan bambu.+Soto Mbak DJamF “Wah, porsi yang sangat pas setelah mendaki,” seloroh kawan tadi, begitu pesanan datang.

Rupanya dia belum sempat sarapan karena berangkat dari rumah ketika hari masih gelap. Secara tampilan, Soto Mbak Djam sedikit berbeda dengan soto di Jogja pada umumnya. Tidak ada kubis disana. Hanya nasi, daging ayam broiler atau ayam kampung, atau daging sapi (sesuai selera), kemudian kecambah atau tauge, dan sejumlah irisan tomat yang segar. Diatasnya ditaburi bawang goreng dan irisan daun seledri yang makin membuat sedap aroma. Ingin penganan sebagai teman soto, jangan segan minta gorengan ke pemilik warung. Maka, sejurus kemudian gorengan berupa tempe dan tahu susur atau tahu isi hangat akan meluncur ke meja.

Soal rasa, tentu soal selera. Tapi kami berenam waktu itu sepakat, cita rasa Soto Mbak Djam ini istimewa. Kuahnya segar tanpa santan, dengan aroma rempah-rempah yang tipis. Kekuatan rasa, justru ada di kesegaran kuah berkaldu dan kesegaran pernak-pernik irisan tomat, bawang goreng dan daun seledri. Tak kalah penting, adalah suasana di sekeliling warung yang sedap dipandang, sehingga menambah komplit rasa soto dengan porsi cukup menantang.+Soto Mbak Djam6
Lokasi : 150 meter sebelum Pintu Masuk Geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran
Harga : Berkisar Rp 8.000 sampai dengan Rp 11.000
Jam Buka : Pukul 06.00 hingga 22.00 wib. Malam minggu atau malam libur buka 24 jam. Melayani pesanan khusus misalnya untuk pengunjung yang camping.
Fasilitas : Tempat cukup representatif, mampu menampung sekitar 50-an orang. Didekat soto ini juga ada permainan flying fox. Jadi bagi anak anak muda bisa sekaligus mencoba mainan ini.

1

 likes / One comment
Share this post:
  • Jimban says:

    aku prnah kesini tahun lalu. muantebsss pokoknya. sippp. jaya Mbak Jam

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec