08
Dec-2012

Rasa “Kriuk” Pizza Pazza

Kuliner   /   Tags: ,

Pizza umumnya berbentuk tebal dan empuk. Tapi di negerinya Italia, pizza kebanyakan tidak berbentuk tebal dan empuk, melainkan pipih dan garing di bagian tepi roti bundarnya. Pizza yang tebal dan empuk memang ada, tapi konon tidak banyak.

Ingin menghadirkan citarasa pizza aseli, seorang warga Italia Gieseppe Stasi membuka gerai Pizza Pazza di Jogja. Bersama istrinya, Anastasia Riana, Beppe-sapaan karab Gieseppe Stasi ingin mengajak Anda merasakan sensasi berbeda. Yaitu sensasi menikmati pizza yang pipih dan garing serta “kriuk” yang terasa di mulut.

Di negeri asalnya, Italia, pizza dibuat secara alami. Pengolahan ini yang juga dibawa Beppe. Semua dia sajikan secara fresh dengan pengolahan yang cermat. Saat mengoven misalnya, tidak menggunakan api dari gas. Tetapi memanfaatkan panas dari kayu bakar yang telah dipilih khusus. Memang, pizza dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipilih biasanya mozzarella atau ‘keju pizza’.Pizza Pazza

Seperti namanya Pizza Pazza yang berarti Pizza Gila. Pengunjung yang menikmati kuliner asli Italia ini akan tergila-gila dengan rasanya yang genuine Italia.

Tidak semua bahan dibawa dari Italia. Beberapa bahan diimpor dari Australia dan Perancis, dan sebagian kecil merupakan bahan lokal. Tentu saja, sang juru masak harus memilih secara cermat agar citarasa pizza tetap terjaga.

Di sini, ada 17-an pilihan menu yang disediakan. Beberapa macam pizza juga merupakan inovasi pribadi. Seperti Pizza Merah Putih dan Pizza Anastasia.

Lokasi

Pizza Pazza ada di Jalan Kapten Haryadi (depan Perumahan Pesona Merapi/Merapi View). Untuk mencapai lokasi ini, dari lewat Jalan Kaliurang Km 9. Begitu ketemu pertigaan lampu merah, belok kiri dan sekitar 500 meter, berada di sebelah kanan.
Telepon : 0274- 888987

Menu

Begitu menyebut pizza, tentu yang ada di dalam otak kita adalah roti dengan topping yang beragam. Soal topping, bisa dipilih, baik daging dan saus. Ada juga salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur.

Nama-nama pizza yang ada cukup banyak. Di antaranya Marinara, Salsicia, Anastasia, Diavola, Napolitana, Mari E Monti, dan lain-lain.

Selain pizza, ada juga makanan pembuka, desert dan pasta dan insalata.Pizza Pazza

Jam Buka

Pizza Pazza buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB, setiap hari. Ingat, khusus Hari Kamis, Pizza Pazza tidak buka lho!

Harga

Di kisaran Rp 20 Ribu – Rp 70 ribu (Ukuran baby, 4 potong dan regular 8 potong).
Makanan pembuka, dessert dan pasta, antara Rp 15 ribu – Rp 35 ribu dan Insalata Rp 20 Ribu

Asal-Usul Pizza

Pizza asli dari Italia dan bisa ditemui di Pizzeria (Toko Pizza). Setiap porsi pizza berdiameter kira-kira 30 centimeter atau lebih dengan adonan yang ditarik tipis. Salah satu rahasia kelezatan Pizza Italia adalah proses pemanggangannya yang dilakukan di dalam oven tradisional dengan bara api. Karena, jika dipanggang dengan oven listrik, umumnya adonan pizza tipis akan menjadi keras.
“Kayu untuk memanggang juga pilihan. Tidak semua kayu keras bisa dipakai. Kita memilih kayu yang keras, yang bisa menghasilkan panas maksimal dan tidak membuat bau pizza,” tegas Giuseppe Stasi, Owner Pizza Pazza.

Dikisahkan, pizza yang dikenal sekarang ini lahir tahun 1600. Saat itu, pizza tidak dilumuri saus tomat di atasnya. Tahun 1800-an, pizza dengan saus tomat dibawa imigran Italia yang umumnya berasal dari Napoli ke New York, Amerika Serikat. Pada periode itu juga di Napoli Italia muncul ‘perkawinan bersejarah’ pizza yang ditaburi mozzarella.

Seorang pembuat pizza, Raffaele Esposito dan istrinya menyiapkan sebuah pizza untuk dipersembahkan pada Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I.. Sebuah pizza yang melambangkan bendera Italia, merah yaitu saus tomat, putih artinya mozzarella dan hijau yaitu daun basil.

Sang Ratu sangat suka dengan cita rasa pizza sederhana tersebut, dan akhirnya dinamakan pizza Margherita, sesuai nama Sang Ratu.

0

 likes / One comment
Share this post:
  • bram says:

    sekarang lokasinya pindah kemana ya?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec