28
Aug-2015

Rasakan Gurih dan Renyah Emprit Pulau Segaran

Yogyakarta sebagai kota pariwisata tidak hanya menawarkan keindahan panorama alam serta keragaman budaya. Jogja juga kaya kuliner

Di Jogja, pelancong dapat dengan mudah menemukan aneka kuliner penuh sensansi. Mulai dari masakan tradisional, western hingga kuliner unik. Dan salah satu kuliner yang unik di kota ini adalah Tongseng Emprit.
Burung pipit atau bahasa jawanya manuk emprit, bagi sebagian petani merupakan hama yang menyerang tanaman padi saat mendekati musim panen. Tapi di Jogja, burung unik mungil ini bukan hanya diburu petani, tapi juga para pecinta kuliner. Tubuhnya yang mungil bukan hanya disukai anak-anak. Saat berpadu dengan bumbu yang pas, emprit dapat menjadi menu kuliner yang menarik, yakni tongseng. Dan tongseng Emprit ini pun mnadi ikon warung dhahar Pulau Segaran, Rumah Budaya Tembi. Resto dengan mengusung konsep minimalis dengan meja dan kursi kayu tua, menjadikan tongseng Emprit sebagai menu andalan di samping menu tradisional lain.
Menurut Sales & Marketing Manager Warung Dhahar Pulau Segaran, Sugihandono Kurniawan, dipilihnya manuk emprit sebagai ikon menu bukan tanpa alasan. Karena manuk emprit pada jaman dahulu merupakan makanan yang disukai oleh keluarga kerajaan. Hal ini dapat ditelusuri dalam sejak sejarah Serat Centhini. Dalam Serat Centhini disebutkan ada tiga macam binatang yang disukai oleh Pangeran. Yakni, manuk emprit atau burung pipit, banyak/angsa serta bajing atau tupai.
Memang bagi sebagian orang, ketiga binatang tersebut sepertinya tidak masuk akal menjadi makanan yang sering dinikmati oleh keluarga bangsawan. Namun, semua itu telah tertulis dalam Serat Centhini. Dan Rumah Budaya Tembi, yang awalnya sebagai Lembaga Studi Jawa, memiliki komitmen untuk menjaga warisan budaya dan tradisi jawa. Sehingga di warung dhahar Pulau Segaran ini pula menu yang dijadikan andalan adalah menu-menu yang tersirat dalam Serat Centhini.
Warung Dhahar Pulau Segaran, sejak di buka hingga sekarang selalu menyajikan menu yang berasal dari ketiga binatang tersebut. Ada tongseng emprit, tongseng bajing dan tongseng banyak. gulai Angsa Tembi

Selain dimasak menjadi tongseng ketiga hewan ini bisa juga digoreng biasa, namun bagi yang menghendaki angsa goreng harus pesan sehari sebelumnya. Di warung dhahar Pulau Segaran ada juga oseng emprit lada hitam serta najing ireng yang juga dimasak dengan lada hitam.
Sugihandono Kurniawan mengatakan meski burung pipit berbadan mungil tapi soal rasa jangan ditanya, gurih dan renyah. Begitu pula dengan banyak dan bajing serta tupai. Ditangan chef ndeso, rasanya sangat empuk dan lunak di lidah.
Semua menu di Pulau Segaran merupakan menu-menu tradisional. Begitu pula orang yang meracik dan mengolahnya adalah orang-orang desa yang tinggal di sekitar Tembi Rumah Budaya. Sehingga rasanya tetap ndeso namun disuka semua orang.
Tongseng EmpritMenu Lain
Di samping ketiga menu di atas, di Pulau Segaran tersaji pula Rawon Lele, Rawon Buntut, Bakaran Wedhus Gembel Sambel Kacang, Iwak Kali Opak Goreng Sambel Tomat, Wedhus Gembel Cemeng serta Brongkos Koyor.
Handono pria kelahiran Jakarta ini menambahkan di sini juga tersedia aneka soup, seperti Soup Buntut Sapi, Sop Iwak Nila, Oblok-oblok Godhong Telo, Bubur Gandul serta Sop Banyak Wuluh.
Sebagai makanan penutup tinggal memilih Carang Gesing, Telo Legi, Jenang Sumsum serta Rondo Royal. Sedangkan untuk minum, ada Gula Aren Jahe Herbal, Serbat Jahe Anget hingga Uwuh Poci.
Harga
Bila Anda ingin merasakan gurihnya tongseng emprit dan emprit lada hitam, kocek yang harus dikeluarkan sebesar Rp 29.000,-. Sedangkan untuk gule banyak dibandrol sebesar Rp 35.000,- per porsi dan tongseng bajing serta bajing lada hitam harganya lebih mahal, yaitu Rp 54.000,-.
Sementara untuk harga soup, mulai dari Rp 8.100,- s/d Rp 18.000,- dan aneka minuman dipatok dengan harga yang bervariasi.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec