29
Sep-2015

Rela Bersepeda Demi Tampil di Asia Tri Jogja 2015

Yogyakarta kembali menggelar aktivitas seni bertaraf internasional, yakni Asia Tri Jogja 2015, yang dibuka pada Senin 28 September 2015 malam di Omah Petruk, Karang Kletak, Pakem, Kabupaten Sleman.

Menurut penggagasnya, Bambang Paningron, kegiatan mempertemukan para seniman dari berbagai negara terutama seni pertunjukan ini merupakan bentuk keprihatinannya karena selama ini belum ada lembaga, kelompok atau perkumpulan seni di Yogyakarta yang secara kontinyu menggelar ajang silaturahim, dialog, komunikasi dan membangun jaringan antar seniman seni pertunjukan bertaraf internasional. Asia Tri Jogja 2015 1
Usia event tahunan Asia Tri Jogja ini sudah 10 tahun dan selama ini menurut Bambang Paningron, pendanaan kegiatan bertaraf internasional ini selalu “diada-adakan” entah bagaimana caranya, termasuk memanfaatkan jaringan yang ada. Bahkan sebagian besar penampil tidak meminta honor. Jadi, para penampil yang datang dari berbagai negara umumnya mencari dana sendiri untuk bisa tampil dan berkegiatan di Asia Tri Asia Tri Jogja 2015 2Jogja. Ini dibenarkan oleh salah satu juru bicara Folknery Musik dari Ukraina. Mereka datang dari negaranya bersepeda, dan perjalanan ini sudah mereka mulai sejak 1 Oktober 2014 silam.
Pada pembukaan Senin malam, tampil 9 repertoar secara berurutan yakni Anterdans Perform (Indonesia), Ranranga Dance Academy (Srilanka), Jun Amanto (Jepang), Jan Malibela (Papua, Indonesia), Demzel Artgesture, Miho Konai & Shigeki Yamada (Jepang), Chakil Squad dan Folknery Musik.
Pada malam kedua dan ketiga, akan tampil penyaji dari Malaysia, Cirebon, NTT, Asia Tri Jogja 2015 4Lampung, Ponorogo dan Solo. Selain sajian seni pertunjukan, diselenggarakan pula kegiatan workshop.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec