11
Feb-2015

Sate Balibul Asli Pak Yani

Sate Pak Yani

Ada sebutan ini adalah sate “impor” dari Puerto Qwerto. Jangan salah, maksudnya Purwokerto. Sate Kambing Pak Yani memang asli dari daerah Ngapak itu, dan ikut popular juga di Jogja.

Aslinya yang punya bernama Pak Mahyan asal Purbalingga. Entah mengapa, dia justru dikenal sebagai Pak Yani, bakul sate dari Purwokerto. Karena itu, brand yang kini popular adalah Sate Pak Yani. Di Jogja, warungnya ada di Jalan Wates, di sisi barat tidak jauh dari RS PKU Muhamadiyah Gamping. Di sampingnya, ada menu kuliner yang sama Sate Bapa Yani  7terkenalnya, yaitu Pecel Yu Sri.
Menu yang disajikan umum ada di warung sate lain, yaitu sate, gule, tongseng, dan tengkleng atau gule balung. Ada juga menu berbahan kepala kambing, misalnya untuk tongseng, tetapi harus dipesan sebelum kesana karena butuh pengolahan sebelum dimasak. Tapi tidak ada salahnya jika sudah sampai sana, menanyakan menu istimewa berbahan kepala ini, siapa tahu hari itu Anda beruntung menikmatinya. Minumnya juga standar, seperti yang kita temukan di warung-warung lain.
YSate Bapa Yani  6ang istimewa, sate Pak Yani disajikan di atas hot plate. Bunyi kemrenyes daging bertemu piring besi panas langsung menarik air liur keluar. Baunya juga sedap, meskipun daging kambing ini dibakar tanpa bumbu apapun. Ya, memang warnanya pucat sedikit kecoklatan karena tidak ada bumbu menyertainya. Tetapi justru disitulah istimewanya. Daging kambing murni punya rasa khas bagi penikmat kambing. Sedap rasanya menikmati kunyahan daging tanpa diganggu bumbu macam-macam yang justru menyembunyikan kelezatan daging aslinya.
Kalau Anda kurang suka dengan daging apa adanya, tentu saja Pak Yani menyediakan Sate Pak Yani bumbu kacang kecap di sampingnya. Oleskan sedikit, dan jangan lupa hujani dengan merica agar pedas dan hangat terasa sampai ke dalam tubuh. Merica juga menambat kuat rasa sate, dan tidak memiliki efek buruk seperti laiknya cabe.
Tongsengnya boleh diadu. Bagi Anda yang suka balutan bumbu kuat, ini adalah pilihan yang masuk akal. Tongseng Pak Yani jempol karena selain dagingnya lembut, bumbunya juga oke. Jangan lupa, seperti satenya, taburi juga merica dan dicampur ke tongsengnya ketika Sate Pak Yani  masih panas. Irisan cabe dan bawang merah juga menemani, khusus untuk Anda yang suka warna-warni rasanya di dalam mulut.
Rahasia daging empuk Pak Yani, baik itu untuk sate maupun tongsengnya adalah karena kambingnya disembelih ketika masih berumur kurang dari lima bulan. Dalam bahasa pedagang dan peternak kambing, ini dikenal sebagai Balibul atau bawah lima bulan. Kambing muda semacam ini dagingnya masih renyah, lumat dimulut, cocok untuk siapa saja. Lemaknya nyaris tidak ada, sehingga dagingnya bersih dan sehat. Jangan terlalu khawatir dengan kolesterol, meski tidak boleh berlebihan juga.Sate Pak Yani
Jadi, jangan lewatkan kambing di Sate Pak Yani yang asli Balibul. Jangan datang terlalu malam, karena biasanya menu sudah habis tanpa menunggu gelap.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec