01
May-2016

Selera Alami, Mangut Iwak Kali di Warung Cowek Munthu

Mangut Kutuk 1

Mangut Kutuk 2Saat melintas dari Magelang ke Yogyakarta dan merasa lapar. Ada tempat menikmati makan yang bisa dipilih, yaitu Warung Makan Cowek Munthu. Namun, warung yang ada di Dusun Kadisono, Margorejo, Tempel, Sleman ini lebih dikenal sebagai Warung Iwak Kali. Memang, sajian dominan di warung berwarna hijau ini memang ikan dari sungai, seperti iwak kutuk (gabus), khutuk, kotes, guramih, nila, lele, belut.

Semuanya didapat dari beberapa sungai di Sleman dan Bantul. Juga untuk kutuk (gabus), ada yang mengirim dari Ambarawa, Semarang. Tidak ketinggalan, saat anda beruntung, ada menu iwak kali beong, yaitu sekilas merupakan kombinasi lele dan patin, memiliki sungut di bagian belakang.  Jenis ikan beong ini hanya ada di Sungai Elo dan Progo di Kabupaten Magelang.

Mangut Kutuk 3Selain digoreng, untuk beberapa jenis ikan, menu dominan iwak kali di warung milik ibu Sumaryati ini dimangut. Yaitu, setelah digoreng, iwak kali dimasak dengan tampilan kuah tidak bening dan agak ‘nyemek-nyemek’. Bahan kuahnya menggunakan santan dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, kunir, cabai rawit dan merah dan lain-lain (sekitar 20 macam bumbu rempah). Sehingga terciptalah mangut dengan kekuatan rasa rempah yang sayang kalau dilewatkan.

Rasa dominan menu mangut dari warung yang dibuka sejak  April-Mei 2013 adalah gurih, pedas dan sedikit manis. “Rasa pedas masakan mangut disenangi penggema kuliner. Rempah-rempah sebagai bumbu kuah menjadikan kuah mangut tampil khas baik segi penampilan maupun rasa,” jelas Sumaryati, pemilik warung makan Cowek Munthu.

Sekilas, ada kemiripan antara mangut dan gulai. Yang membedakannya, tentu saja tingkat kepekatan. Mangut sedikit cair dibandingkan dengan gulai. Namun soal rasa, tentu jauh berbeda. Mangut cenderung dominan rasa gurih yang berpadu rasa pedas dan manis.

Mangut Kutuk 4Yang pasti, warung spesial iwak kali ini berhasil menyajikan kekayaan rasa dengan pas. Semua bumbu teracik dengan sempurna, sehingga memberikan kualitas masakan yang sedap.

Menikmati masakan mangut kutuk (gabus) liar sangat bagus. Karena, kandungan Albumin yang sangat tingi baik untuk kesehatan. Penelitian akan iwak kali (wader,kotes,belut), mengandung banyak protein. Di tambah dengan bumbu rempah resep warisan mbah Nomo Pawiro, orang tua dari pasangan Pramujiono-Sumaryati, baik untuk ketahanan tubuh. Menu mangut ini akan lebih nyampleng bila disajikan dengan nasi hangat dan pulen. Lebih lengkap lagi, jika ada kerupuk dan kluban (urap) daun kates yang tidak pahit.

Lokasi:

Mangut Kutuk 7-  Jalan Kadisono Kulon, Kadisono, Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta.
–  Warung ini memiliki suasana kampung, yang tentram, sejuk, jauh dari kebisingan, karena 300 meter dari Jalan Raya Magelang-Yogyakarta.
–  No. Kontak: Sumaryati, 08122796106/ 0274-4364373.

Jam buka:

–  Setiap hari, dari pukul 07.00-19.00
–  Tutup saat ada keperluan.

Harga:

* Makanan:
Mangut Kutuk 5- Mangut lele Rp 6.000 per porsi
– Mangut Kotes dan Mangut Wader Rp 10.000 per porsi
– Mangut kutuk (gabus) Rp 13.000 per porsi
– Mangut Beong, rata-rata Rp 13.000,- per porsi
– Mangut Gurameh Rp 8.000,- per porsi
– Nasi Putih Rp 2.000,- per porsi

* Minuman:
– Es Kencur Rp 3.500,-
– Es Teh Rp 1.500,-
– Es Jeruk Rp 1.500,-
– Teh manis Rp 1.000,-
– Jeruk panas Rp 1.500,-

Potensi:

–  Ada kuliner lain di sekitar Pasar Tempel, dekat Jembatan Sungai Krasak, perbatasan Yogyakarta dan Magelang. Yaitu, Masakan Brongkos Warung Ijo.
–  Agak ke utara lagi, ada Desa Wisata Mardikorejo, desa wisata yang menonjolkan perkebunan salak dan Gardu Pandang Merapi.

Fasilitas:

–  Ada Wi-Fi
–  Parkir nyaman

Tips:
–  Disarankan untuk menikmati pada jam di luar, makan siang. Banyak pengunjung, terutama lokal dari orang-orang perkantoran.
–  Ada alternatif menu lain, yaitu tempe-tahu bacem dan keluban (urap) sayur-sayuran bagi yang vegetarian.
–  Menu lain yang ada, opor ayam dan telur.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec