13
Sep-2013

Sentuhan Beda Ala Hotel Ruba Grha Yogyakarta

foto 10Hospitality dalam industri perhotelan adalah menjadikan tamu betah dan merasa nyaman. Teori dasar membangun usaha jasa perhotelan disadari betul oleh Almarhum H. Ruyono, pendiri hotel Ruba Grha Yogyakarta.

Kini, hotel yang ada di Jalan Mangkuyudan Nomor 1 Yogyakarta ini diteruskan para keturunannya dengan tetap mendasarkan pada style tersendiri. Yakni, tamu yang datang harus merasa seperti tinggal di rumah sendiri, mereka nyaman, dan betah berlama-lama di Hotel Ruba Grha.

foto 11Tagline dari Hotel Ruba Grha adalah Different Touch. Sentuhan beda sudah dirasakan begitu memasuki hotel ini. Suasana ramah ala Yogyakarta, senyum hangat, dan keceriaan suasana selalu terpancar pada sudut-sudut hotel.

Saat memasuki lobi hotel, sentuhan berbeda sudah terasa. Hotel yang berdiri pada tanggal 30 Oktober 1997, banyak pernak-pernik alat cap batik yang dipajang. Memang awalnya, hotel ini merupakan rumah dari juragan batik merek Edi-Peni. Orang tua dari Almarhum H. Ruyono, mewarisi usaha batik, sekaligus sebuah sanggar tari bernama Chandra Ayu. Sanggar ini merupakan upaya keluarga besarnya yang ingin melestarikan budaya, nguri-uri kabudayan.
Kini, semuanya tinggal sejarah dan alat-alat batik seperti cap batik, sebagian kompor, gawangan, wajan, anglo, dan lainnya masih tersimpan rapi. Jumlah cap batik berbagai motif lebih dari 20 pilihan.

foto 9Zaman berganti, era kejayaan batik berganti dan tenggelam. Usaha batik yang dimulai tahun 1960 dan dikembangkan Almarhum Ruyono dan Alharhuman Barilah hanya jaya hingga tahun 1980. Setelah itu, usahanya beralih ke peternakan, antara tahun 1980-1997. Workshop batik diganti menjadi kantor RETEEFED Poultry shop. Usaha RETEEFED masih beroperasi hingga sekarang, hanya kantornya dipindah.

foto 6Tahun 1990-an, Almarhum Ruyono muncul ide membuat hotel. Tahun 1997, Hotel Ruba Graha hadir dan melayani tahu yang datang. Pilihan nama Ruba, adalah singkatan dari Ruyono (Ru) dan Barilah (Ba). Sedangkan Grha, memiliki artinya rumah. Ruba Grha, bermakna rumah dari Bapak Ruyono dan Ibu Barilah. Semenjak dipegang anaknya, Deddy Pranowo Eryono, perkembangan dan fasilitas hotel ini terus ditambahi. Hobi memelihara reptil, justru menambah perbedaan dengan hotel lain.

Kini, kebun binatang (bonbin) mini, berisi koleksi binatang reptil dan lainnya menjadi daya pikat tersendiri bagi tamu hotel.

“Justru banyak yang jatuh cinta, untuk memilih mengingap di hotel kami, karena adanya mini zoo. Semua binatang merupakan bukti kecintaan keluarga ini pada aneka hewan,” kata General Manager Hotel Ruba Grha Yogyakarta Deddy Pranowo Eryono.

Sentuhan beda dari Ruba Grha adalah adanya mini zoo (bonbin mini), di mana tamu hotel bisa bercengkrama dan berfoto dengan hewan yang ada. Bagi yang menyukai wisata keliling Kota Yogyakarta, Hotel Ruba Grha sudah menyiapkan paket khusus, kerja sama dengan komunitas sepeda tua.

foto 3Seiring perkembangan pariwisata yang mengalami tren positif, Hotel Ruba Grha terus ikut memajukan pariwisata Jogja, melalui akomodasi dengan melibatkan semaksimal mungkin potensi yang ada dan berusaha merangkul segenap pihak untuk pengembangan usaha.

Koordinat:

S7°49’14.9″ E110°21’43.9″

Lokasi:

Jl. Mangkuyudan No. 1 Jogjakarta
Indonesia Kode Pos 55143

Reservasi dan Service Center:

– Telp. +62 274 373531, 375593, 380246
– Fax: +62 274 384508
– Email: ruba_graha@yahoo.co.id

Fasilitas:

– Kolam Renang
– Mini Zoo
– Sarana Olah Raga Bulutangkis dan Tenis Meja
– Business Centre
– Dokter panggil
– Taxi service
– Laundry
– Keamanan 24 jam
– Drug Store
– Tour Service
– Parkir luas

Jenis Kamar:

– Standart Double Bed Room (Permai room)
– Standard Twin Bed Room (Nyaman room)
– Standard Twin Bed Room (Candra ayu room)
– Superior Room (Utama Room )
– Deluxe Room (Edi Peni room)
– Plus Extra Bed

Fasilitas Kamar:

– AC
– TV
– PABX
– Waterheater
– Towel and Soap
– Welcome drink
– Breakfast Amenities
– Swimming pool

Ruang Meeting:

– Yudhistira
– Rama Shinta

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec