30
May-2016

Situs Payak, Situs Petirtaan Piyungan

Ditemukan secara tidak sengaja oleh para pembuat batu bata, hingga kini Situs Payak belum juga diketahui bentuk utuh dan muasalnya.

Awalnya area sekitar situs merupakan lahan pembuatan batu bata. Di situs ini juga terdapat arca Siwa yang kini telah dipindah ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta. Situs Payak berbentuk U dan ditemukan di dalam tanah. Bangunan yang tersisa berupa kolam dari batu putih dengan ukuran kolam panjang 312 cm dan lebar 124 cm. Sedangkan susunan batu putih menghadap tenggara berukuran 624 x 490 cm.

situs payak (3)

Situs Payak berada 4 meter di bawah permukaan dan dikelilingi rumah penduduk

Pada dinding sisi barat laut terdapat relung untuk arca Dewa Siva dari bahan batu putih. Pada saat dilakukan penelitian pada tahun 1980-1983, di bawah arca tersebut ditemukan wadah peripih dengan lubang sebanyak 17 buah yang melambangkan Wastupurusamandala, yaitu diagram yang berfungsi sebagai rancangaan metafisika dan tata letak bangunan. Peripih tersebut terdiri atas lempengen emas dan perak. Sebagian besar temuan peripih dan fragmen gerabah berbentuk kendi. Dilihat dari bentuk bangunan dan peninggalannya, kemungkinan besar situs ini punya peranan penting dalam pelaksanaan upacara keagamaan. Menurut para ahli, langgam arca siwa yang ditemukan di situs ini berasal dari masa abad ke-9. Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti kerajaan atau dinasti yang membangun situs ini.

situs payak (4)

Relung arca Siwa di Situs Payak.

Lantaran bentuk bangunan yang kotak serta lahan kosong di sekitarnya, ada juga yang menduga bahwa Situs Payak ini merupakan bagian kecil dari candi perwara yang biasanya berjumlah 3 dan berukuran lumayan besar.

Secara keseluruhan kondisi fisik Situs Payak ini tergolong cukup terawat. Kebersihan lingkungan sekitar situs juga terawat. Walau kondisi bangunan masih bagus, namun sayang belum banyak wisatawan yang berkunjung ke situs ini. Beberapa seniman juga menggunakan situs ini sebagai latar apresiasi berkesenian.

Lokasi

situs payak (5)

Kegiatan berkesenian di Situs Payak.

Situs Payak cukup unik karena terletak sekitar 4,5 m di bawah jalan raya. Untuk mencapai Situs Payak bisa melalui Jalan Yogya-Wonosari Km 12. Ada sebuah jalan kecil sebelah selatan jalan sebelum Puskesmas Piyungan. Telusuri jalan itu sekitar 200 meter hingga menemukan pagar yang terbuat dari tanaman dan dilindungi kawat berduri.

situs payak

Situs Payak yang terawat dan berpenerangan cukup di malam hari.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec