29
Jul-2016

Soto Rejeki yang Bikin Keki

Kuliner   /   Tags: ,
Soro Rejeki 4

Seringkali, kalau menu sudah tersaji, kita jadi lupa pesan-pesan seputar kesehatan. Begitupun yang terjadi di warung Soto Rejeki ini. Berapa kalipun membaca informasi terkait tidak sehatnya mengkonsumsi jeroan, kalau sudah tersaji di meja, apa lagi yang bisa kita lakukan?

Soto Rejeki2Karena itu, tidak salah kalau dibilang Soto Rejeki ini memang bikin keki. Mau melahap soto tanpa jeroan, kok kayaknya malang sekali. Tapi menikmati lembar-lembar jeroan goreng itu juga musti dilakukan dengan perasaan bersalah. Keki betul kalau sudah duduk di meja warung soto, yang berlokasi di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Bantul ini.

Lokasinya mudah sekali dicari. Patokannya adalah kota Bantul, dan terus saja ke selatan mengikuti jalan utama ke arah Pantai Samas. Begitu keluar wilayah kota dan bertemu dengan perempatan besar, maka inilah yang disebut sebagai Palbapang. Jika lurus, kita akan sampai ke Pantai Samas atau pantai-pantai lain sekitarnya seperti Goa Cemara. Jika berbelok ke kiri, arahnya adalah kawasan Imogiri. Nah, jika berbelok ke kanan alias ke barat, arahnya menuju ke Brosot dan barisan pantai lain seperti Pantai Baru, Pandansimo, sampai Glagah. Hanya 300 meter dari perempatan itu, di kiri jalan akan kita temukan warung soto ini. Ada spanduk sponsor produk rokok yang dominan. Untuk memastikan biar tidak salah masuk, tengok dulu ke utara. Jika Anda melihat banyak alat berat terparkir, berarti Anda berada di warung soto yang benar.

Soto Rejeki5Soto yang sudah buka sejak lebih 20 tahun lalu ini buka sedari pagi buta. Cocok untuk mengisi perut di kala sarapan. Daging sapi adalah sajian utama yang diiris tipis di kuah segar. Tambahannya, ada sedikit potongan jeroan disana. Nah, pelayan warung akan menyertakan piring-piring kecil tempat jeroan goreng yang bikin keki tadi. Pesan atau tidak, piring kecil itu akan parkir di depan kita. Godaan besar untuk menolak. Tapi sekali-kali, tentu saja tak apa menjajal kenikmatan jeroan goreng. Sejenak, lupakan pesar dokter dan isi artikel-artikel kesehatan yang sudah mengisi ingatan. Hidup hanya sekali, karena itu sekali-kali makan jeroan tak mengapa.

Soto Rejeki3Di meja besar bagian belakang warung, tidak jauh dari kasir, diletakkan menu-menu tambahan seperti tempe goreng, tahu bacem, dan aneka sajian lain. Menu tambahan ini harus Anda ambil sendiri, agar sesuai jumlahnya dengan keinginan. Siapkan saja aneka gorengan itu begitu Anda datang. Tempe tepungnya gurih dan pas sekali dengan bumbu soto. Tahu bacemnya menggoda karena rasa gula merah yang dominan akan menabrak garam dan rempah di kuah soto.

Soro Rejeki 1Jeroan yang populer adalah iso dan babat. Iso adalah usus sapi. Bagian luarnya mengkilatjika digoreng. Bagian dalamnya kaya akan lemak yang mengental. Jika masuk ke kuah soto yang panas, bagian dalam iso ini akan lumer dan menambah nikmat rasa soto. Jangan pernah makan iso dalam kondisi dingin membeku, karena sama saja Anda makan margarin.

Babat juga jeroan yang populer. Asalnya juga dari perut sapi. Kadang orang menyebutnya handuk, karena memang tekturnya seperti kain pengering seusai mandi itu. Bisa dimakan sekaligus, atau dipotong kecil sesuai teksturnya, yang kalau orang Jawa bilang disuwir-suwir. Artinya kurang lebih menikmati babat sedikit demi sedikit dengan memotongnya sesuai alur yang ada.

Soto Rejeki4Meski tidak berdosa makan jeroan, tapi ya jangan banyak-banyak. Semua tetap ada batasnya, apalagi bagian ini kaya akan kolesterol. Soto Rejeki sendiri sudah nikmat tanpa tambahan jeroan ini. Tapi dasar memang pelayan disana kurang up date isu kesehatan, jadi otomatis dia akan menggoda lidah dan mata kita dengan gorengan jeroan yang mengalirkan air liur itu.

Harga semangkuk soto Rejeki Rp 9.000. Harga makanan tambahan bervariasi. Beserta minum dan aneka menu ekstra itu, cuma butuh sekitar Rp 100 ribu untuk makan berlima atau berenam. Jadi, pasti masih murah meriah.

2

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec