24
Sep-2014

Stasiun Tugu

Tahukah Anda?

Stasiun Tugu dibangun karena Belanda ingin membuat sistem transportasi angkutan barang yang terpadu di Pulau Jawa?

Membicarakan Stasiun Tugu tidak bisa lepas dari sistem transportasi terpadu yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Alkisah, untuk mengangkut hasil perkebunan dari berbagai kawasan di Jawa, Belanda merasa perlu membangun sebuah jalur transportasi terpadu. Kereta api menjadi pilihan utama karena kemampuannya untuk menjadi armada angkut dalam skala besar.

Stasiun Tugu 1Pada 17 Juni 1864, Gubernur Jendral Mr.L.A.J.W. Baron Sloet van Beele meletakkan batu pertama pembangunan rel kereta api pertama di Pulau Jawa. Peletakan batu pertama ini menandai proses panjang pembangunan rel kereta, yang menghubungkan kota-kota di Jawa. Jalur ini dikelola oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (Perusahaan Perkereta-apian Hindia Belanda).

Tiga tahun setelah itu, atau tepatnya pada 10 Agustus 1867 jalur itu mulai berfungsi, khususnya yang menghubungkan Semarang dengan Surakarta.

Waktu terus berlalu, dan Belanda kemudian meneruskan jalur yang sudah ada menuju ke arah Yogyakarta. Jalur sepanjang 166 kilometer pun dibangun hingga stasiun Lempuyangan. Stasiun ini adalah stasiun pertama yang beroperasi di Yogya pada 2 Maret 1872. Stasiun lempuyangan menjadi jalur penghubung untuk Yogya-Semarang.
Pada 2 Mei 1887, Stasiun Tugu mulai menjadi bagian dari jalur kereta api ini.

Sebagai stasiun yang dibangun di masa penjajahan Belanda, Stasiun Tugu mewariskan gaya arsitektur bangunan yang memiliki keindahan tersendiri. Sampai saat ini, gaya arsitektur itu masih dipertahankan. Meskipun berbagai pengembangan dilakukan, bentuk awal stasiun ini nyaris tidak berubah.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec