12
May-2016

Sunday Driving di Kulonprogo

News, Wisata   /  
image(1)

Kalau Anda penggemar Sunday driving, alias nyetir tanpa tujuan di hari Minggu, barangkali jalur ini layak dicoba. Sembilan puluh persen rute yang dilewati kondisi jalannya mulus. Pemandangan yang ditawarkan boleh diadu. Sayang minim fasilitas pendukung.

Perjalanan ini dimulai dari Kota Yogya. Paling mudah dan familiar, bisa mengambil titik awal di Tugu Jogja. Perjalanan menembus wilayah perkotaan ke arah barat, tanpa pernah berbelok baik di perempatan maupun pertigaan. Setelah menyeberang Sungai Progo, akan kita temukan perempatan terakhir. Tempat ini akrab disebut sebagai perempatan Kenteng, Nanggulan. Di perempatan ini, ambil jalan lurus ke barat, tepat menuju ke arah perbukitan hijau yang seolah melintang di tengah jalan.

Setelah sekitar dua kilometer, jalanan akan mulai menanjak. Namun, semakin menanjak rutenya, semakin indah pemandangan yang tersaji. Kanan kiri jalan dipenuhi sawah teras siring di perbukitan kecil. Padi yang mulai menguning menghampar, berujung bukit-bukit dan pepohonan rindang di atasnya. Jalanan mulai sepi, hanya satu dua kendaraan melintas. Tanjakan curam dan panjang menantang di depan. Di kanan kiri, jurang dalam memberikan pemandangan menakjubkan.

Ada banyak desa-desa kecil yang terlewati. Jika sempat, sapalah petani yang baru pulang dari mencari rumput atau mbah-mbah yang duduk di tepi jalan. Ngobrol sebentar dengan mereka adalah kehangatan yang tulus, apalagi ketika mereka tertawa renyah memamerkan sisa-sisa giginya.

Selain hutan, perkebunan tebu juga menghampar di lereng perbukitan. Indah sekali dinikmati bersama bunga-bunga yang sebentar lagi mengundang banyak lebah datang. Jalan masuk diantara rumpun tebu bisa dijadikan spot foto-foto tersendiri. Jangan sungkan untuk berhenti dan melewatkan waktu barang sebentar di titik-titik tertentu. Terutama untuk menikmati lembah di bawah yang menghampar luas seolah tanpa batas.

Ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk istirahat. Warga kawasan itu telah menandai tempat-tempat itu, yang biasanya berupa mata air atau air terjun kecil. Bangku bambu juga disediakan bagi petualang yang lewat, barangkali berkenan duduk sebentar sambil merasakan segarnya air pegunungan. Tempat istirahat yang cukup lapang di tengah rute, sekaligus menjadi tempat wisata adalah Goa Kiskendo.

Waduk Sermo di senja hariNamun, jika berpetualang adalah tujuan utama, Anda bisa meneruskan perjalanan. Tidak ada arah yang pasti, tetapi yang jelas semua arah memiliki tanda yang jelas. Anda bisa menuju ke kawasan Kaligesing di Purworejo yang kaya akan buah durian. Bisa juga berbelok ke bawah langsung ke kota Wates, sebagai ibukota kabupaten Kulonprogo. Atau jika Anda ingin lebih maksimal menghabiskan waktu, Anda bisa memilih untuk menuju ke Waduk Sermo sebagai tujuan akhir.

Jika Waduk Sermo menjadi tujuan akhir petualangan Anda, maka sebagian jalan yang Anda lewati kondisinya tidak seratus persen halus. Ada sebagian jalan yang rusak. Tetapi itu juga penanda, bahwa Anda sudah masuk ke wilayah Purworejo. Jalan yang ada memang berada di puncak perbukitan, yang juga merupakan wilayah tapal batas dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kapal motor untuk berkeliling Waduk SermoKarena itu, pastikan kendaraan Anda, baik itu roda dua maupun empat, berada dalam kondisi baik. Bahan bakar juga harus tersedia penuh, karena tidak ada pom bensin tersedia sejak perempatan Kenteng, Nanggulan hingga Waduk Sermo. Di beberapa titik puncak perbukitan ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah di kawasan barat Kulonprogo, termasuk Waduk Sermo. Bahkan dari salah satu titik, Anda bisa melihat garis pantai laut selatan terhampar berwarna putih tak terputus.

Di akhir perjalanan, luangkan waktu sejenak di Waduk Sermo. Barangkali untuk naik perahu, memancing atau sekadar jalan-jalan. Saat senja, pemandangan indah tersaji di antara lansekap perbukitan dan hamparan air. Jangan lupa mampir beli oleh-oleh di Kota Wates, salah satu yang bisa dipilih adalah gula semut.

Selamat berpetualang…

1

 likes / One comment
Share this post:
  • sanjaya says:

    wow tempatnya sangat menarik untuk di knjungi

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec