29
Apr-2016

Surga Kuliner di Pasar Kramat

Kuliner   /   Tags: ,

Kuliner Kramat 2Mendatangi sebuah tempat, tidak lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner yang ada. Demikian juga saat ke Pasar Kramat, sekitar 3 kilometer arah Selatan Kota Muntilan. Selain mengetahui tradisi yang berkembang, setiap 40 hari sekali di Jumat Kliwon, mulai pukul 05.00 wib, ada baiknya bisa menikmati macam-macam makanan, minuman atau sekedar kue tradisional yang dijajakan berderet.

Banyaknya jenis makanan dan minuman ini serasa surga kuliner bagi masyarakat setempat. Di Pasar Kramat yang berlokasi di Dusun Kramat, Desa Congkrang, Muntilan, memang ada tradisi yang menjadi tempat “midang”, bersyukur atas kesembuhan dari sakit yang diderita. Sesuai namanya, midang, merupakan istilah masyarakat setempat yaitu bersama-sama menikmati aneka makanan-minuman yang dijual di tempat ini.

Kuliner Kramat 3Untuk sarapan, yang pasti ada nasi dengan sayur kentang dicampur kacang-kacangan dan santan kental. Gurihnya begitu mantap. Lebih mantap lagi, bila menikmatinya berlauk paha ayam atau minimal telur yang juga dimasak gurih. Bagi yang tidak suka, pilihan bisa beralih pada ayam goreng, atau berbagai jenis ikan dimasak goreng.

Aneka gorengan juga ada, mulai dari tempe goreng, tahu isi goreng, telur goreng, dan lainnya. Untuk tahu dan tempe, ada pula yang dimasak bacem, yakni direbus dengan air bercampur gula Jawa atau gula merah. Nah, yang ingin lauk tahu dan tempe goreng tapi berasa manis, tinggal memilih baceman yang digoreng. Sangat praktis.

Kuliner Kramat 4Menu khas di tempat ini, adalah ketupat (kupat) dan pasangannya, serundeng. Belum lagi jadah dan wajik yang begitu mudah ditemui di Muntilan. Ada pula sengkolon, makanan berwarna putih-merah dari ketelah pohon yang diberi bumbu manis, gethuk, pisang goreng dan masih banyak lagi. Semua makanan ini memiliki rasa khas, dengan dominasi manis, gurih, dan pasti lezat.

Jika ingin membawa pulang untuk lauk nantinya, masih ada pilihan telur puyuh yang ditusuk serupa sate, semur jengkol, bunthil, jeroan ayam, bakmi goreng, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pelepas dahaganya, siap tersaji teh, kopi, susu, jeruk, baik panas ataupun dingin. Untuk anak-anak, banyak dijajakan panganan seperti arum manis dan makanan ringan buatan pabrik. Snack produk pabrikan juga menambah keanekaragaman menu yang dijual.

Lokasi

Kuliner Kramat 5Pasar Kramat, ada di Dusun Kramat, Desa Congkrang, Muntilan Magelang Jawa Tengah. Dari Pasar Muntilan, lokasi ini bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 3-4 kilometer menuju arah selatan (Kulonprogo). Bus jurusan Pasar Japunan Congkrang bisa menjadi pilihan. Atau bisa juga naik dokar (delman) yang banyak beroperasi saat pasar tiban Kramat berlangsung dengan waktu tempuh 10-15 menit.

Koordinat GPS: S7.601789, E110.258295

Jam Buka

05.00 – 08.30 WIB

Harga

– Makanan seporsi beraneka ragam, mulai dari Rp 7 ribu. Tergantung pilihan lauknya.
– Harga makanan kecil juga tergantung berapa banyak yang mau dibeli.

Catatan :
– Jika ingin bersantap di lokasi, sebaiknya Anda memilih warung bertenda supaya bisa menikmatinya dengan nyaman.
– Agar pilihan makanan masih komplit, sebaiknya datang lebih awal.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec