02
Mar-2015

Termangu di Mangunan

Kebun Buah Mangunan 9

Sebuah bukit dengan pemandangan lembah Kali Oya yang menakjubkan. Disebut sebagai kebun buah, namun daya tarik utamanya adalah pemandangannya yang mengagumkan.

Diperkenalkan sebagai Kebun Buah Mangunan, kawasan ini memang dipenuhi dengan aneka pohon buah-buahan. Hanya saja, karena buah mengenal musim, maka belum tentu ketika Anda berkunjung bisa menikmati buah-buahan yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, ada penjual buah, yang membawanya dari tempat lain. Untuk menjadi kebun buah yang ideal, kawasan ini mungkin masih butuh 10 tahun lagi. Itupun jika dikelola dengan serius dari sisi perkebunannya.Kebun Buah Mangunan 3

Berkunjung ke tempat ini adalah kesempatan tak tergantikan untuk menikmati kawasan lembah Kali Oya dengan pemandangan yang luar biasa. Kita bisa berdiri tepat di atas jurang yang sangat dalam di atas kawasan Selopamioro, Dlingo, Bantul. Jauh di horizon selatan, garis biru keputihan memanjang yang merupakan gelaran Laut Selatan.

Kebun Buah Mangunan berada di perbukitan kawasan Dlingo. Tempat ini hanya bisa diakses dengan kendaraan sendiri, karena tidak ada angkutan umum yang lewat. Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju ke Imogiri, bisa ditempuh dengan menyusuri Jalan Imogiri Timur maupun Imogiri Barat. Atau jika Anda baru Kebun Buah Mangunan 1saja berwisata ke pantai selatan dan berniat melanjutkan ke Mangunan, bawalah kendaraan kembali ke arah kota, lalu berbelok ke kanan. Ada cukup banyak rambu penunjuk arah, jadi jangan khawatir akan tersesat.

Sesampainya di Imogiri, perjalanan masih harus berlanjut menyusuri aspal ke arah timur, kemudian berbelok ke kanan seusai pasar Imogiri lama. Perhatikan rambu penunjuk jalan sepanjang perjalanan ini. Jalan akan terus naik di area perbukitan, karena Mangunan ada di lereng bukit di sisi timur. Anda akan melewati kawasan wisata alam Permaculture.

Tiket masuk ke Mangunan relatif murah, hanya Rp. 5.000. Jangan parkir kendaraan di Kebun Buah Mangunan 8area depan ini, karena lokasi wisata utama ada di ujung belakang. Teruslah membawa kendaraan Anda hingga lokasi parkir terakhir, dimana Anda sudah bisa menikmati keindahan lembah Kali Oya bahkan sebelum turun dari kendaraan.

Setelah memarkir kendaraan, Anda harus mengikuti setapak sekitar 200 meter hingga berhenti tepat di sisi lereng. Pengelola tempat wisata telah menyediakan tempat duduk beton, beberapa gubug pandang kecil dan membangun pagar pembatas. Pastikan anak-anak untuk tidak terlalu dekat dengan pagar ini, atau harus selalu dalam pengawasan orang dewasa. Di ujung kanan kiri pagar, ada area yang dilewati oleh sejumlah orang untuk mencoba turun di jurang. Hal ini sebenarnya sangat membahayakan, karena tidak ada pengaman yang cukup jika tergelincir. Jangan tiru tindakan semacam ini, karena itu bukan kegiatan wisata yang sehat.

Kebun Buah Mangunan 6Data dinas terkait, di Kebun Buah Mangunan saat ini, setidaknya ada 4.235 batang pohon buah seperti durian, belimbing, rambutan, sirsak madu, jambu, pisang, ataupun srikaya. Meski jumlah pohonnya cukup banyak, namun karena area kebun ini mencapai 23 hektar, maka jumlah itu terasa masih sangat kecil.

Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas lumayan. Disana ada aula besar (300 orang), aula sedang (100 orang), 2 buah pendopo, gazebo, joglo, mushola, 3 lokasi kemah, kolam pemancingan, kolam renang anak-anak, area outbond, 2 buah pondok inap, kamar mandi, parkir luas, kebun aneka buah, peternakan, dan Arena bermain anak.

Setelah puas di Kebun Buah Mangunan, jangan lupa untuk mampir ke hutan pinus tak jauh dari lokasi ini. Rutenya adalah belok kiri di jalan utama menuju Mangunan, kemudian belok kanan setelah 300 meter. Sekitar 1 km dari sana, Anda akan menemukan Kebun Buah Mangunan 7hutan pinus asri dan adem, yang cocok sekali menjadi area bersantai sambail menikmati makan siang. Kawasan hutan pinus ini dikelola oleh warga sekitar. Tidak ada retribusi masuknya, tetapi untuk mobil dikenakan biaya titip Rp. 10.000,00.

Tips.:
Bawalah kendaraan sendiri, dan pastikan kendaraan dalam kondisi baik terutama bahan bakar, mesin dan ban.
Bawalah payung atau memakai topi, apalagi jika cuaca panas.
Ada baiknya membawa makan siang sendiri, karena belum ada warung yang cukup Kebun Buah Mangunan 4representatif, kecuali jika mencari di luar kawasan ini.
Bawalah tikar untuk bersantai dan jangan lupa persediaan air minum.
Jangan segan-segan bertanya arah.
Jika Anda ingin menikmati suasana yang berbeda ketika pulang, Anda bisa menyusuri jalan Imogiri – Patuk, yang akan membawa Anda sampai ke jalan Jogja-Wonosari. Kota Jogja bisa dinikmati dari kawasan ketinggian ini.

Kontak : Kebun Buah Mangunan : Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. 081 6689 425 atau 081 904 115 762, atau melalui radio komunikasi dengan frekuensi 143,61 dupleks 140,30

2

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec