30
Sep-2013

Tim “Ring of Fire Adventure /RoFA” Singgah di Jogja

News   /  

Membangun rasa cinta Tanah Air bisa melalui banyak cara. Inilah yang ingin dicapai oleh Tim Ekspedisi Ring of  Fire Adventure/RoFA yang dimotori oleh Youk Tanzil.   Menggandeng Pertamina dengan produknya Enduro 4T Sport Touring, Youk Tanzil bersama keluarganya nekat berkeliling Indonesia dengan sepeda motor.

Touring RoFA dibagi dalam 4 stage. Stage Pertama, melintas NTB, Bali dan  Jawa dengan start di Kupang dan Finish di Jakarta. Stage Kedua, menjelajah Sulawesi dan Maluku, kemudian dilanjut Stage Ketiga mengembara di Sumatera, dan segera disusul Stage Keempat dan Kelima masing-masing menjelajah Pulau Kalimantan dan Papua.

“Ekspedisi ini kami mulai 6 Mei 2011. Jarak puluhan ribu kilometer semua kita tempuh dengan bersepeda motor. Semua ini, agar kami lebih leluasa dan lebih dekat dengan masyarakat lokal yang daerahnya kita lintasi,” kata Youk Tanzil, saat berkesempatan singgah di Jogja untuk menyapa komunitas-komunitas otomotif di Jogja, 26 September 2013. Acara di Beteng Vredeburg Jogja ini, juga diisi dengan Meet & Greet dengan ambassador Pertamina, yakni Rifat Sungkar, Subhan Aksa, Alexandra Asmasoebrata dan Harlan Fadhillah.

RoFA merupakan proyek yang digagas oleh Youk Tanzil atas rasa cintanya terhadap Indonesia. Ide awal untuk membuat RoFA muncul tahun 1998, saat itu ia merasa miris dengan kepariwisataan Indonesia. Ia melihat Indonesia sebenarnya memiliki potensi pariwisata yang besar, dan karena itulah ia berkeinginan untuk mendokumentasikannya.

Melalui ekspedisi yang dilakukan dengan bersepeda motor inilah, ia mewujudkan dokumentasi lengkap tentang Indonesia. Dia merekam budaya dan tradisi masyarakat sesungguhya, kekayaan alamnya termasuk laut, darat dan ragkaian gunung berapi yang menjadikan Indonesia sebagai bagian dari sabuk vulkanik dunia alias ring of  fire.

Kisah perjalanan mengelilingi Indonesia yang akan menjadi film dokumenter ini adalah sebuah ekspedisi cinta tanah air yang diwariskan oleh seorang ayah kepada anaknya lewat perjalanan motor. Selain bertujuan meyibak keindahan Indonesiayang belum banyak diketahui, juga mencoba meraih perhatian para calon wisatawan domestik untuk berwisata di dalam negeri.

Sales Area JBT Pertamina Lubricants, Budi Suharyanto mengatakan, Pertamina memberikan dukungan terhadap RoFA secara penuh. Eskpedisi ini, bagi Pertamina bukan saja akan menjadi uji andal produk Enduro 4T Sport Touring, tapi juga sarat dengan semangat membangun nasionalisme lewat olahraga dan wisata.

“Pertamina tertarik dengan RoFA yang ingin mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luas. Ini juga sesuai dengan misi Pertamina dengan produk karya anak bangsa yanghampir semuanya diproduksi dalam negeri,” kata Budi.

Youk Tanzil mengakui, ekspedisi ini bukan perjalanan ringan. Bersama seluruh keluarganya, Youk harus menjelajah berbagai medan dengan cuaca yang juga bervariasi dan kadang ekstrim.  Namun, semua dilaluinya semata untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan yang lengkap, sekaligus ingin mengajarkan kepada anak-anaknya cara mencintai negeri ini.

“Kami juga ingin mengajak masyarakat luas untuk lebih mencintai Indonesia. Saya tidak ingin memberikan warisan kepada anak cucu semata kekayaan harta, tapi juga kekayaan dan semangat nasionalisme yang akan berujung pada jiwa patriotisme,” tandasnya.

Rifat Sungkar dalam kesempatan itu mengatakan, salut atas kinerja tim RoFA Pertamina yang telah mengenalkan budaya dan kekayaan Indonesia yang sangat beragam pada dunia.
“Ini sangat membanggakan dan hal inilah yang menyemangati kita untuk terus berjuang membawa nama baik Indonesia di ajang balap internasional,” ujarnya.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec