07
Aug-2015

Warisan Budaya Di Museum Batik Ciptowening

Batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO mendorong masyarakat untuk selalu menjaga kelestariannya. Dan salah satu upaya untuk melestarikan serta ‘membumikan‘ batik adalah dengan membangun museum

Sepintas bangunan di samping bekas terminal Imogiri ini tidak jauh berbeda dengan rumah tinggal penduduk setempat. Bangunan lama dengan beberapa bagian yang telah direnovasi diseuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan sebagai tempat tinggal. Bagian depan dibuat agak modern. Namun di baliknya, terdapat beberapa joglo yang masih mempertahankan keasliannya.DSCN7795
Dua joglo berukuran besar berdiri kokoh diantara rumah-rumah penduduk. Bentuknya masih menampakkan keasliannya dengan kayu-kayu jati sebagai penyangga, serta rusuknya menambah kesan gagah meski dikelilingi rumah-rumah berkesan modern. Konon joglo tersebut telah berusia di atas 150 tahun. Sementara sebuah lorong penghubung dari pintu masuk dengan wujud tradisional melengkapi keaslian rumah joglo ini.
Museum Batik CiptoweningNah, rumah joglo yang hampir 30 tahun dibiarkan menganggur itu, kini dimanfaatkan menjadi Museum Batik. Berbagai koleksi batik dengan beragam motif ada disini. Museum Batik Ciptoweing yang merupakan meseum pribadi milik Linda Heri Diyana Bondan ini menyimpan dan memamerkan lebih dari 200 koleksi batik kuno asal Bantul dan sekitarnya. Bahkan sebelum gempa 2006, terdapat pula koleksi kain batik yang berusia lebih dari 100 tahun. Konon kain batik ini pernah dikenakan oleh Paku Alam VII serta Paku Alam VIII.Museum Batik Ciptowening
Menurut pengelola Museum Batik Ciptowening, Rahayuningsih, kain batik yang pernah dikenakan oleh Paku Alam VII dan Paku Alam VIII tersebut, kini disimpan di kraton Yogyakarta, karena dikhawatirkan akan rusak. Apalagi saat gempa llau, beberapa bagian museum mengalami kerusakan.
Pendirian museum batik ini berawal dari gagasan GKR Hemas, Ny. Suliyantoro Sulaiman serta Linda Heri Diayana Bondan. Mereka ingin secara nyata berupaya melestarikan warisan budaya, serta untuk lebih mengenalkan batik kepada generasi muda. Sehingga ke depan batik akan selalu dicintai dan dilestarikan oleh generasi muda.
Museum Batik CiptoweningMuseum ini terdiri dari dua bangunan, yakni Joglo Luar dan Joglo Dalam. Joglo Dalam merupakan ruang pamer koleksi batik kuno. Sedangkan Joglo Luar memamerkan berbagai jenis batik yang dijual untuk umum. Berbagai motif batik seperti motif  lereng, sidomukti, wayu temurun, parang serta lainnya dipajang secara terbuka sehingga pengunjung dapat melihat atau mencermati langsung. Sementara untuk batik yang dijualbelikan, pengunjung dapat memilih sendiri sesuai dengan motif yang dikehendaki.
Pengunjung selain bisa melihat koleksi-koleski batik kuno, juga dapat membeli batik yang diinginkan, dan bahkan belajar membatik. Museum memberikan pelatihan bagi pengunjung dengan kontribusi sebesar Rp 30.000,- per peserta. Adapun jumlah peserta workshop minimal 10 orang dan paling banyak 30 orang.
Diresmilkan Sri Sultan HB XMuseum Batik Ciptowening
Museum Batik Ciptowening berdiri 18 Maret 2004. Museum ini berada di Ketandan Tengah Imogiri, tepatnya di barat komplek makam Raja Mataram Imogiri. Saat gempa bumi Mei 2006, museum ini mengalami kerusakan di beberapa bagian sehingga museum sempat tutup untuk proses perbaikan. Museum Batik Ciptowening kembali dibuka secara resmi pada 12 November 2007 oleh sri Sultan HB X.
Mengunjungi Museum Batik Ciptowening, Anda bukan hanya dapat mengenal batik Jogja lebih mendalam, tapi juga dapat menikmati suasana desa yang asri dengan balutan bangunan kuno.
LOKASI : Samping bekas Terminal Imogiri di Ketandan Tengah Imogiri Bantul
AKSES : Menuju ke museum, bisa ditempuh melalui Jalan Imogiri Barat terus ke selatan menuju Imogiri.
BUKA : Selasa – Minggu Pukul 09.00 – 15.00 wib.
TIKET : Gratis sepuasnya.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec