14
Apr-2015

Willem Kootstra: Warna Cerah Simbol Keyakinan

News   /   Tags: ,

Karya Willem Kootstra, dipajang hingga 19 April 2015 di Ludens Art Space Karangnongko Panggungharjo, Ring road Selatan

Mengamati lukisan karya Willem Kootstra seakan membawa kita menjelajah dua negara. Disana kita menyaksikan perjalanan Willem selama tinggal di Belanda maupun Indonesia. Lewat goresan yang cerah dengan simbol-simbol yang ada pada lukisan mengajak kita untuk melihat dunia luar, melihat apa saja.

Hal di atas dapat kita lihat dalam lukisan yang dibuat di Eropa, dalam hal ini Belanda tempat asal sang ayah, dengan goresan “rasa Eropa” yang kuat. Sapuan kuasnya membentuk tekstur warna serta rasa diri sang pelukis. Dan karyanya pun memiliki gaya yang dinamis dan bebas.

Bicara gaya dan warna lukisan Willem seperti “Love Letter”, di dominasi warna merah dengan goresan-goresan yang menyimbolkan gejolak emosi ketika seseorang sedang jatuh cinta. Di mana rasa bahagia, senang, nafsu disertai was-was serta rasa takut bercampur menjadi satu.

Karya Willem K1Warna-warna cerah dalam goresan yang menyatu dalam bentuk simbolitas tersebut dilakukannya dengan penuh keyakinan. Dan karya-karya Willem terlahir secara spontanitas karena menurutnya spontanitas hampir tak ada batasan. Semakin spontan akan semakin bagus. Selain spontan Willem dalam menciptakan sesuatu atau lukisan, juga tidak terbatas pada satu atau dua media. Tapi kadang juga mengunakan ranting pohon.

Sederet lukisan karya Willem Kootstra yang dibuat dari tahun 2000 hingga 2015 dipamerkan selama 11 hari di Ludens Art Space Karangnongko Panggungharjo, Ring road Selatan, dengan tajuk “Everything Is Wrong Evertythong Is Excelent”. Pameran tunggal tersebut sekaligus menandai dibukanya Ludens Art Space.

Menurut Emma Kismi Anna (12/4) dengan digelarnya pameran lukisan karya Willem Koostra ini di Ludens Art Space ini diharapkan dapat mengenalkan perupa-perupa Indonesia juga pelauku seni lainnya yang bermula dari Yogyakarta untuk Indonesia dan Indonesia untuk dunia.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec