06
Dec-2015

Wisata Ilmu Pantai Baru

Wisata   /   Tags: ,

Pantai Baru 1

Pantai baru, barangkali disebut karena memang baru. Artinya, baru dikembangkan oleh masyarakat sebagai tujuan wisata, setelah sebelumnya kurang terawat. Tapi entah sampai kapan namanya akan tetap Pantai Baru, karena kalau sudah bertahun-tahun nanti, tentu saja statusnya tak lagi “baru”.

Pantai Baru sebenarnya pengembangan dari pantai-pantai di sebelahnya. Awalnya, karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota, kawasan ini kurang dilirik. Otomatis, infrastruktur yang tersedia pun sangat minim.

Awal pengembangannya justru bisa dikatakan tidak memiliki kaitan dengan wisata, tetapi justru kegiatan ekonomi. Pantai ini biasanya dipakai oleh nelayan untuk jalur masuk dan keluar dari laut. Muncul masalah ketika itu, karena ikan tangkapan nelayan tidak bertahan lama. Mulailah dipikirkan untuk mengawetkan ikan antara lain dengan penyediaan es batu. Sayangnya, itu tidak mudah dilakukan repot karena tidak ada Pantai Baru 2pabrik es batu di kawasan pantai. Jangankan pabrik es batu, listrik saja ketika itu tidak ada. Karena itulah, lewat upaya kanan kiri, masyarakat akhirnya meminta bantuan ke pemerintah agar bisa disediakan tempat produksi es batu di kawasan pantai.

Gayung bersambut, kebetulan pula waktu itu Kementrian Riset dan Teknologi sedang mengembangkan listrik bertenaga alternatif, seperti tenaga matahari dan angin. Maka Kemenristek pun memasang sejumlah solar cell dan kincir sebagai ujicoba. Lambat laut, kawasan ini justru berkembang menjadi wahana riset. Masyarakat yang datang tidak hanya untuk menikmati pantai, tetapi sekaligus bisa melihat dari dekat penerapan teknologi pembangkit listrik tenaga angin dan matahari itu. Jangan salah, kawasan Pantai Baru ini adalah kawasan pengembangan listrik bertenaga alternatif yang terbesar di Indonesia.

Pantai Baru 6Wisata Ilmu

Kalau ke Pantai Baru, jangan hanya menikmati deburan ombak. Ajak pula seluruh keluarga untuk menengok instalasi pembangkit listrik tenaga angin dan surya yang ada di sisi utara pantai. Ada petugas yang siap melayani pertanyaan pengunjung mengenai teknologi ini. Dijamin anak-anak pasti bisa memperoleh tambahan ilmu yang lumayan. Sempatkan pula untuk berjalan-jalan diantara tiang-tiang kincir angin yang ada di sisi timur bangunan induk penyimpan listrik.

Kawasan Pantai Baru ini membentang sepanjang sekitar 4 kilometer. Jadi, kalau tidak ingin kecapekan mengeksplorasinya, Anda bisa menyewa kendaraan all terrain vehicle. Harga sewanya bervariasi menurut ukuran dan waktunya, sebab di musim libur

biasanya naik sedikit. Tetapi pasti tetap dalam ukuran murah meriah untuk kita semua.

Di area barat juga diletakkan bangkai paus yang terdampar beberapa waktu lalu. Masyarakat setempat berupaya mengawetkannya meskipun tidak sempurna. Namun sebagai tambahan pengetahuan, bolehlah dihampiri bangkai paus ini yang ada di salah satu gubug, tidak jauh dari warung-warung makan yang ada.Pantai Baru 3

Lokasi

Pantai Baru berada di sebelah barat Pantai Kuwaru dan di sebelah timur Pantai Pandansimo. Lokasinya ada di Desa Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul. Dari kota

Bantul ke arah barat menyusuri jalur lintas selatan hingga tepat sebelum jembatan Srandakan yang ada di atas Kali Progo, kemudian belok ke kiri. Hanya ada satu jalur sehingga Anda tidak mungkin tersesat. Sampai bertemu dengan pertigaan, dengan papan petunjuk disitu. Jika belok kiri, Anda akan masuk ke Pantai Kuwaru, dan jika ke kanan, Anda akan masuk ke Pantai Baru atau bisa juga ke Pantai Pandansimo yang berada di sebelah barat Pantai Baru ini.

Transportasi

Terdapat transportasi umum tetapi tidak direkomendasikan. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Parkir tersedia sangat luas, dan dengan kendaraan pribadi Anda juga bisa mengeksplorasi pantai-pantai di sekitar kawasan ini.

Pantai Baru 3

Akomodasi

Belum tersedia secara layak.

Kuliner

Ikan bakar dan menu-menu lain berbahan dasar produk laut sangat banyak tersedia. Ada pelabuhan ikan di sekitar Pantai Baru sehingga stok ikan melimpah. Puluhan warung yang buka setiap hari siap menyediakan santapan makan siang nikmat dengan harga murah.

Suvenir

Ada sedikit kerajinan, tetapi secara umum tidak ada oleh-oleh yang khas dari kawasan ini.

Kontak pengelola Pantai Baru:
H. Jumali: 081578750956
H. Adam Santoso: 08179437164
Suwandi: 081802666195
Ridwan Sudiyanto: 08175413985

0

 likes / One comment
Share this post:
  • Wisataku says:

    coba kalau ada gambarnya langsung pasti lebih menarik. semoa pemerintah daerah bisa membangun akomondasi yang lebih memadai, supaya bisa menarik banyak pengunjung.. salam wisata..

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec