12
Feb-2013

Wisata Sedekah Laut di Pantai Depok

Kultural   /   Tags: , ,

Pantai Depok, menjadi satu dari sekian pantai di wilayah Bantul yang menjanjikan untuk dikunjungi. Lokasinya, cukup terjangkau-hanya sekitar 2 kilometer dari Pantai Parangtritis yang menjadi obyek utama pantai selatan di wilayah Bantul. Menjanjikan, karena di Depok, Anda bisa memuaskan selera pada menu seafood. Sederet menu berbahan ikan laut, saban hari tersaji di warung-warung makan di pantai ini.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/sedekah-laut-depok-2.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Sedekah Laut di Pantai Depok” link=”” width=”200″ height=””]Nah, jika Anda tak ingin sekedar berwisata kuliner, ada baiknya berkunjung ke Depok saat bertepatan dengan agenda sedekah laut. Biasanya Sedekah Laut Pantai Depok yang diprakarsai oleh Nelayan TPI Wisata Mina Bahari 45 Depok digelar pada bulan Suro (kalender Jawa). Acara ini dirangkai dengan kirab budaya yang menampilkan Bergodo Nelayan, Bergodo Pedagang Ikan, Bergodo Pedangang Asonga, Bergodo Warung Makan dan Bergodo Anak-anak, dan baru acara puncak berupa upacara Sedekah Laut.

Saat acara digelar, pengunjung akan mendapatkan jatah ransum berupa Nasi Nuk (Nasi Bungkus Daun). Ribuan bungkus nasi nuk dibagikan gratis. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan Pentas Kesenian Jathilan Putra dan Jathilan Putri, Pentas Tari-tarian dan Pentas Kesenian dari ISI Yogyakarta dan pada malam harinya digelar pentas wayang kulit semalam suntuk.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/sedekah-laut-depok-4.jpg” align=”left” lightbox=”true” title=”Sedekah Laut di Pantai Depok” link=”” width=”200″ height=””]Ritual sedekah laut ini merupakan bentuk rasa syukur warga dan nelayan setempat kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah selama ini selalu diberi keselamatan serta rezeki dalam mengarungi samudra. Kegiatan ini digelar juga untuk menarik kunjungan wisatawan ke Pantai Depok. Yang dilabuh, selain sesaji dan ubo rampe juga beberapa sak baju baru. Pakaian baru inilah yang siap diperebutkan oleh seluruh yang hadir di Depok.

Rute ke Pantai Depok

  1. Jika Anda berangkat dari kota, Anda bisa melewati Jl. Parangtritis untuk menuju ke arah selatan, sesampainya di pertigaan sebelum tempat retribusi Pantai Parangtritis, Anda ambil jalan ke kanan atau ke barat (posisi retribusi pas di selatan pertigaan itu). Anda terus menuju ke barat melewati jalan aspal dalam perkampungan, turut jalan tersebut kemudian sampailah pada tempat retribusi untuk Pantai Depok.
  2. Saat setelah masuk ke retribusi pantai Parangtritis, Anda akan bertemu dengan pertigaan kecil Hotel Gandung, ambil arah ke barat (kanan), Anda akan disuguhi bukit-bukit pasir di sepanjang jalan aspal menuju ke Pantai Depok. Setelah jalan habis, Anda sudah sampai di Pantai Depok dan siap memarkir mobil atau motor Anda. (sudah tidak ada retribusi lagi)

Tarif Masuk

• Motor: Rp 4.000,00 untuk dua orang dan satu motor.
• Mobil: Rp 5.000,00 plus biaya perorangan.

Fasilitas

[list type=check]
  • Warung makan sea food berjajar sangat banyak dengan menu ikan goreng, ikan bakar, nasi anget + sambel lalap
  • Warung seafood tersebut mau menggorengkan atau membakarkan ikan sesuai dengan permintaan kita dengan tarif yang murah.
  • Tempat parkir motor dan mobil
  • Sewa ATV
  • Sewa tikar
  • Masjid (luas)
  • Kamar mandi
[/list]

Jenis Ikan dan Harga

[list type=bullet]
  • Ikan cakalang, seharga Rp 8.000,00 per kilogram, setara dengan 5 – 6 ekor ikan.
  • Kakap putih dan kakap merah, kisaran harga Rp 17.000,00 – Rp 25.000,00 per kg
  • Bawal, seharga Rp 27.000,00 – Rp 60.000 per kg
  • Kepiting
  • Udang
  • Cumi-cumi
  • Berbagai jenis ikan lain harga bervariasi dan tergantung musim.
[/list]

Potensi

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/sedekah-laut-depok-3.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Sedekah Laut di Pantai Depok” link=”” width=”” height=”200″]Selain menyaksikan acara labuhan dan berbagai pentas kesenian, pengunjung bisa menikmati suasana pantai utamanya menjelang matahari terbenam. Anda juga bisa berkeliling lokasi melihat pasar ikan segar serta tentu saja wisata kuliner dengan menu utama ikan laut yang sangat nikmat. Tidak boleh ditinggalkan juga untuk melihat gumuk pasir atau sand dune, yang sudah ditetapkan sebagai warisan dunia (world heritage). Sebagai bentukan endapan pantai yang mencapai ketinggian 20 mpl. Di dunia hanya ada di 4 negara, salah satunya di Indonesia. Selain sebagai laboratorium alam berbagai cabang ilmu kebumian fenomena alam gumuk pasir membentuk ekosistem yang khas. Gumuk Pasir atau Sand Dune merupakan sebuah bentukan alam karena proses angin disebut sebagai bentang alam eolean (eolean morphology). Angin yang membawa pasir akan membentuk bermacam-macam bentuk dan tipe gumuk pasir. Bentang alam (morphology) ini sering dijumpai di daerah gurun. Namun menariknya walaupun Indonesia ini beriklim tropis yang banyak hujan ternyata ada juga daerah di Indonesia yang memiliki bentang alam yang unik ini.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec